Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
Kunjungan Kerja Dirjen KN ke KPKNL Ambon
Reimon Jhoni Siahainenia
Kamis, 23 November 2017   |   690 kali

Ambon - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon,  Senin (20/11/2017). Kunjungan ini selain untuk memantau langsung pelaksanaan revaluasi BMN juga memberikan suntikan semangat dan motivasi  kepada pegawai KPKNL dan Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku. Dalam kegiatan ini, Dirjen KN didampingi oleh Dodi Iskandar, Sekretaris DJKN  serta Aloysius Yanis Dhaniarto Kepala Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku.

Menjadi agenda pertama adalah pengarahan dan tatap muka dengan para pegawai pada pukul 09.00 s.d. 12.30 WIT  di Ruang Lelang KPKNL Ambon. Diawali dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN dan Laporan Perkembangan tugas-tugas oleh Kepala KPKNL Ambon Widodo Sunarko, dilanjutkan pengarahan langsung Dirjen KN Isa.Rachmatarwata.

Isa mengharapkan keberhasilan KPKNL Ambon tidak hanya sekedar pencapaian target yang dibebankan Kantor Pusat atau tercapainya IKU, namun harus lebih daripada itu, berani berbuat dan mencapai hal yang lebih besar dan spektakuler. Sebagai ilustrasi, Isa mencontohkan keberhasilan lelang saat ini kuncinya  adalah marketing, tidak lagi hanya menunggu calon pembeli mendatangi kita tetapi “sudah harus menjadi penjual jasa” dengan berusaha meyakinkan orang/lembaga, baik calon pengguna jasa maupun calon pembeli. Isa menambahkan agar seluruh capaian harus dimulai dengan perencanaan yang baik sehingga tahapan-tahapan pencapaian itu terstruktur dan sistematis. Demikian juga dalam pengajuan target, harus berani menentukan jauh lebih besar dari capaian yang sudah direalisasi.

Menyinggung target Revaluasi BMN, Isa menegaskan agar tidak hanya mengejar target, namun kualitas laporan menjadi perhatian. "Kita tidak hanya mengejar taget LHI (laporan Hasil Inventarisasi)  atau BAR (Berita Acara Rekonsiliasi) saja, tapi juga harus memiliki kualitas Laporan Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan," tegas Isa. Lebih lanjut Isa meminta agar Seksi Penilaian dan Seksi Kepatuhan Internal sudah harus berkolaborasi untuk mengoreksi seluruh proses penilaian tersebut.

Selain itu, Isa menambahkan hal lain yang perlu digarisbawahi, yakni mengingat aset BMN dan BMD ini sangat banyak maka agar berusaha untuk tidak selamanya menjadi Penilai. “Pegawai DJKN ke depannya tidak hanya menjadi Penilai saja akan tetapi harus bisa menjadi supervisor bagi Penilai di lingkup Pemerintah Daerah dan bila itu terjadi maka boleh dikatakan telah mengalami kenaikan kelas, hal ini akan menjadi kebijakan Kantor Pusat kedepan,” tegasnya. Pemanfaatan BMN mesti menjadi perhatian DJKN sehingga penerimaan dari sektor ini semakin meningkat.  Proses Revaluasi BMN yang sedang berjalan diharapkan dapat mengidentifikasi dan memverifikasi seluruh pemanfaatan BMN yang sudah dilakukan tetapi belum diproses, maupun yang akan dilakukan kemudian.

Pada agenda kerja pukul 13.30 s.d. 15.00 WIT, di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Ambon Lantai V,  Isa Rachmatarwata dan rombongan melanjutkan acara Penyerahan Sertifikasi BMN sebanyak 112 bidang tanah kepada Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Provinsi Maluku yang diterima langsung oleh Perwakilan PJN. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikasi Aset Barang Milik Asing/Tionghoa (ABMA/T) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan yang diterima oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Buru Selatan.

Dalam kesempatan itu pula Isa berkenan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Maluku dan Kantor ATR/BPN Kabupaten Buru Selatan atas dukungan dan kontribusinya telah menyelesaikan 112 Sertifikat Bidang Tanah di wilayah Provinsi Maluku, yang telah melampaui target Tahun 2017.

Acara Penyerahan Sertipikasi dan penghargaan ini selain dihadiri oleh para pemangku kepentingan sebagai mitra kerja DJKN juga dihadiri oleh Para Pejabat Eselon II dan III Kementerian Keuangan RI yang ada di Provinsi Maluku. Dalam sambutannya, Isa mengatakan bahwa program sertipikasi ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum atas status BMN yang ada dalam penggunaan satker-satker, salah satunya pada Satker PJN. Mengakhiri sambutannya, Isa berharap agar prestasi sertipikasi yang dicapai tahun 2017 dapat ditingkatkan di tahun 2018, oleh karena itu diharapkan agar kerja sama yang sudah terjalin baik dengan Kantor ATR/BPN dapat terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

Pada sore hari, Isa menyempatkan diri untuk meninjau dua lokasi aset KPKNL Ambon yang akan digunakan untuk Pembangunan Rumah Dinas yang berlokasi di Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon dan di lokasi Skip, Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

(Seksi HI; Rei Jhon Siahainenia)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini