Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
KPKNL Ambon Sosialisasikan Revaluasi BMN Satker Koordinator Wilayah Maluku
N/a
Senin, 06 Maret 2017   |   364 kali

Ambon, 03 Maret 2017, Sebagai persiapan pelaksanaan revaluasi Barang Milik Negara (BMN) 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Ambon menyelenggarakan sosialisasi terkait kegiatan yang diprogramkan Kementerian Keuangan untuk dilaksanakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Acara yang berlangsung di Ruang Lelang KPKNL Ambon, Jalan Raya Pattimura No. 18 (GKN Lt. IV) Ambon diikuti satuan kerja (Satker) yang bertindak sebagai koordinator wilayah.

Kepala KPKNL Ambon Widodo Sunarko memandang penting kegiatan ini demi memperlancar tugas-tugas revaluasi BMN terutama menyangkut kesiapan Satker dengan kelengkapan data dan dokumen yang dibutuhkan terutama BMN berupa Tanah dan Bangunan, Jalan dan Jembatan serta jaringan irigasi.

Bertindak sebagai narasumber Rachmad Sudarmono, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), yang mamaparkan tentang kebutuhan-kebutuhan data dan dokumen yang mesti disiapkan oleh masing-masing Satker sehingga proses Revaluasi BMN yang akan dilakukan oleh petugas KPKNL Ambon mulai April 2017 nanti dapat berjalan lancar dan sukses. Masing-masing Satker diminta mempersiapkan dua orang tenaga pendamping yang akan mendampingi Petugas KPKNL di lapangan.

Dengan kegiatan sosialisasi tentunya diharapkan kepada Satker yang belum memiliki dokumen-dokumen kepemilikan atas tanah dapat memproses surat keterangan dari instansi terkait demikian juga Surat Pernyataan Kepemilikan dari Pimpinan Satker. 

   Sementara itu narasumber lain yaitu Agung Yuniarto, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian memaparkan soal teknis penilaian yang akan dilakukan dalam rangka mendapat nilai terkini terhadap BMN berupa Tanah dan Bangunan, Jalan dan Jembatan serta Bendungan irigasi dan jaringannya, untuk kebutuhan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat. Penilaian akan dilakukan terhadap seluruh BMN tersebut yang diperoleh sampai dengan 31 Desember 2015.

Pada sesi tanya jawab respons peserta cukup banyak dan dapat dijelaskan secara baik dan memuaskan oleh kedua narasumber. Seluruh Satker yang diundang dapat menghadiri sosialisasi, ini membuktikan apresiasi Satker terhadap KPKNL Ambon.

Pada  bagian akhir acara Kepala Seksi PKN dan Kepala Seksi Penilaian mengharapkan agar antuasiasme dan kebersamaan bisa ditunjukan selanjutnya dalam seluruh proses Revaluasi Aset BMN yang akan segera dilakukan oleh Petugas KPKNL Ambon. (Penulis HI : Rei Jhon Siahainenia)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini