Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalkan Penerimaan Negara dari Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang untuk Mendukung Kenaikan Capaian PNBP yang Signifikan
Muhammad Faniawan Asriansyah
Rabu, 24 Januari 2024   |   89 kali

Medan, 23 Januari 2024 - Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan ekonomi nasional terutama dalam menghadapi kondisi global yang melambat. Momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut diharapkan dapat menjadi modal kuat bagi APBN dalam menjalankan fungsinya di tengah ketidakpastian ekonomi di tahun 2023.

Saat ini, APBN telah menyelesaikan perjalanannya pasca pandemi, dimana saat ini perekonomian di Indonesia sudah kembali pulih. Dengan APBN yang semakin kuat, dapat  dijadikan sebagai modal bagi Indonesia untuk memasuki tahun 2024.

Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Utara yang terdiri dari Kantor Wilayah Direktorat Pajak (DJP) Sumatera Utara, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan  (DJPb) Sumatera Utara, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Utara dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara mengadakan Konferensi Pers Realisasi APBN Regional untuk realisasi sampai dengan 31 Desember 2023 di Ruang Tata Usaha Perpajakan Gedung Keuangan Negara Medan. Secara keseluruhan, Kinerja APBN Regional Provinsi Sumatera Utara sampai dengan 31 Desember 2023 pada Provinsi Sumatera Utara menunjukkan kinerja yang positif.

Dalam Konferensi Pers Realisasi APBN Regional Sumatera Utara, Kepala Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara, Dodok Dwi Handoko menyampaikan tentang pencapaian kinerja dari beberapa tugas dan fungsi Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara, dalam penyelenggraan layanan kepada masyarakat maupun Instansi/Kementerian/Lembaga seperti fungsi pengelolaan kekayaan negara, pelayanan lelang, dan pengurusan piutang negara telah berhasil mencapai target yang ditentukan sebelumnya.

Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu) mengungkapkan bahwa realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2023 mencapai Rp605,9 triliun. Nilai tersebut mencapai 137,3 persen dari target. DJKN melalui Kanwil DJKN Sumatera Utara memberikan kontribusi pada PNBP melalui Penerimaan Negara dari Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang sampai dengan 31 Desember 2023, untuk PNBP Lelang dengan target sebesar Rp28,29 M telah tercapai realisasi sebesar Rp27,47 M atau sebesar 97,12 persen, untuk PNBP Barang Milik Negara (BMN) dengan target sebesar Rp32,47 M telah tercapai realisasi sebesar Rp51,26 M atau sebesar 157,86 persen. Selanjutnya, untuk PNBP Piutang Negara (PN) telah tercapai realisasi sebesar Rp 163,29 persen dari target. Penerimaan Negara dari Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang dari Kanwil DJKN Sumatera Utara untuk tahun 2023 dapat dikatakan telah mencapai target, dengan total capaian 78,83 M atau 129,54 dari target tahun 2023.

Disamping itu, Kementerian Keuangan melalui Kanwil DJKN Sumatera Utara pada Tahun 2023 menargetkan pensertipikatan tanah atas Barang Milik Negara pada satuan kerja di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara sebanyak 2.375 bidang tanah dengan realisasi sampai dengan 31 Desember 2023 sebesar 3.147 bidang tanah Barang Milik Negara (BMN) telah bersertipikat atau sebesar 132,51 persen dari target tahun 2023.

Kanwil DJKN Sumatera Utara akan memperkuat peran pengelolaan kekayanan negara dan lelang untuk meningkatkan Penerimaan Negara tahun 2024. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini