Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
In House Training Complain Handling Sebagai Upaya Peningkatan Service Excellent
Muhammad Faniawan Asriansyah
Jum'at, 25 Agustus 2023   |   217 kali

Kanwil DJKN Sumatera Utara melaksanakan  kegiatan pengembangan kompetensi pegawai yang dikemas dalam bentuk In House Training yang bertema Complain Handling Sebagai Upaya Peningkatan Service Excellent, Jumat (25/08/2023). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Tata Usaha Perpajakan (TUP) Gedung Keuangan Negara Medan dihadiri oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN Sumatera Utara secara luring dan seluruh pegawai KPKNL di lingkup Kanwil DJKN Sumatera Utara secara daring.

 “Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dalam pembangunan ZI WBBM pada Kanwil DJKN Sumatera Utara tahun 2023 yaitu pada area manajemen perubahan dan pelayanan publik. Adapun tujuan IHT ini selain sebagai media pembelajaran yang terintegrasi bagi para insan JUARA, juga untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait penanganan komplain yang baik yang disampaikan oleh pengguna layanan.  Mengingat Kanwil DJKN Sumatera Utara khususnya KPKNL  merupakan salah satu badan layanan publik di Kementerian Keuangan”, ujar Dodok Dwi Handoko, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara saat membuka acara ini.

Sementara itu, Direktur Hukum dan Humas DJKN, Tedy Syandriadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Pelayanan prima (Service Excellent) merupakan tindakan atau upaya yang dilakukan organisasi untuk memberikan pelayanan optimal dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan. Untuk memberikan pelayanan yang optimal tidaklah mudah, terutama dengan kemajemukan masyarakat (heterogen) yang ada di lingkungan Sumatera Utara ini. Salah satu cara memulai pelayanan prima adalah dengan membuka saluran komunikasi yang terbuka untuk seluruh pengguna layanan sehingga dapat menyampaikan aspirasinya.”

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan materi Complain Handling Sebagai Upaya Peningkatan Service Excellent oleh narasumber dari Junior Manager Operations, Network and Service Departement BRI Kanwil Medan, Lasmaria Simanjuntak, yang menjelaskan tentang minsed dalam menangani komplain dan teknik dalam menangani komplain diselingi dengan tanya jawab dari peserta. Selanjutnya, sebagai bentuk praktik dalam menghadapi komplain dari pengguna jasa, dilakukan role play bersama peserta. Pada akhir materi, Lasmaria Simanjuntak berpesan bahwa “Handling Complain  itu harus berlatih, kita harus latihan”.

Untuk meningkatkan engagement pegawai Kanwil DJKN Sumatera Utara, acara ini deselingi dengan beberapa permainan menarik, sebagai bentuk sinergi dalam bekerja serta untuk  memberikan energi positif bagi pegawai, yaitu dengan permainan merangkai kata oleh masing masing tim area pengungkit, menebak benar atau salah, dan menyusun menara dari kartu. Selanjutnya, kegiatan IHT ini diakhiri  dengan foto bersama serta pembagian hadiah kepada seluruh tim dan peserta sebagai pemenang dalam lomba permainan.

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini