Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Partisipasi Kanwil DJKN Sumatera Utara dalam Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara (BMMN)
Muhammad Faniawan Asriansyah
Senin, 10 April 2023   |   83 kali

Tanjungbalai, Kamis 6 April 2023 Kanwil DJKN Sumatera Utara menghadiri acara pemusnahan Barang Yang Menjadi Milik Negara (BMMN) Hasil Penindakan Kepabeanan dan Cukai pada KPPBC TMP C Teluk Nibung. Kegiatan Pemusnahan ini sebagai implementasi pengelolaan barang hasil penindakan kepabenaan dan cukai dengan tujuan agar barang-barang illegal tersebut tidak bisa digunakan atau dimanfaatkan kembali sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 178/PMK.04/2019.

Dalam kegiatan pemusnahan BMMN ini Kepala Kanwil DJKN Sumetera Utara Bapak Tedy Syandriadi ikut berpartisipasi dalam pemusnahan BMMN tersebut. Acara pemusnahan ini juga dihadiri oleh Kepala KPKNL Kisaran, Kepala Keolisian Resor Tanjungbalai, Komandan Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan, Komandan Sub-Detasemen Polisi Militer 1/1/4 Kisaran, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungbalai, Kepala Kejaksaan Negeri Asahan, Kepala Satuan Polair Polres Asahan, Komandan Rayon Militer 08/Pulau Buaya, Kepala  Badan Satuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kota Tanjungbalai, Kepala Loka POM Tanjungbalai dan Kepala Desa Bagan Asahan.

Adapun barang-barang yang dimusnahkan terdiri dari pakaian bekas sebanyak 1.027 balepress, sepatu bekas sebanyak 52 balepress, rokok ilegal sebanyak 260.270 batang, minuman mengandung etil alkohol sebanyak 2000 ml, produk olahan makanan dan minuman dalam kemasan sebanyak 171 kotak dan 331 pcs, minyak goreng sebanyak 267 botol, tali komposit sebanyak 154 gulungan, serta barang lainnya sebanyak 19 kotak dan 2 karung.

Barang-barang tersebut merupakan barang yang sudah ditetapkan peruntukannya untuk dimusnahkan dengan perkiraan total nilai barang mencapai Rp4.664.438.700 dan potensi kerugian negara yang disebabkan atas barang-barang tersebut diperkirakan sebanyak Rp367.117.652.

“Dengan adanya kegiatan pemusnahan ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelaku pelanggaran agar pelangaran serupa kedepannya dapat diminimalisir dan kegiatan pemusnahan ini merupakan bukti nyata komitmen kami dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dari barang-barang illegal,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung, Tutut Basuki.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini