Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Yuk, Kenali Hal-hal Yang Mempengaruhi Produktifitas Pegawai
Muhammad Faniawan Asriansyah
Senin, 17 Juli 2023   |   808 kali

Produktifitas merupakan suatu proses dimana sumber daya manusia dapat menghasilkan suatu keluaran dengan ukuran yang produktif. Atau diartikan sebagai proses yang memfokuskan perhatian pada keluaran yang dihasilkan oleh sumber daya manusia dengan suatu rasio antara masukan dan keluaran.

Pegawai, Pemimpin, maupun Organisasi/Perusahaan sangat memerlukan produktifitas yang optimal guna mendapat hasil yang maksimal, maka sangatlah penting untuk mengetahui dan memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi tingkat produktifitas.

Secara garis besar, ada empat hal yang sangat signifikan mempengaruhi produktifitas, yaitu:

1.     Motivasi.

Motivasi adalah factor-faktor yang bersumber dari dalam maupun dari luar diri seseorang muncul Ketika melalui proses psikologi. Motivasi kerja mampu membuat seseorang untuk bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan memaksimalkan target yang dicapai. (Saleh & Utomo, 2018). Motivasi seseorang yang muncul dari dalam, antara lain; tingkat kesehatan, work life balance, atau joy at work place sedangkan yang dari luar, antara lain;  budaya/lingkungan kerja, penghargaan, insentif, peluang berkembang (promosi), dan sebagainya. Hubungan motivasi dengan produktifitas kerja sangat erat, dimana semakin tinggi tingkat motivasi seseorang maka semakin bersemangat pula menyelesaikan pekerjaan dan hasil lebih cepat dengan kualitas sesuai standar yang ditetapkan.

2.     Skill/Ketrampilan.

Skill adalah kemampuan yang bisa didapatkan secara manual melalui pelatihan, pengalaman, atau kebiasaan. Setiap orang bisa meningkatkan skill dalam berbagai bidang yang bisasanya juga didukung dengan passion mereka. Dengan kata lain, skill merujuk pada kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu. Secara umum, skill mencakup 3 hal, yaitu; pengetahuan/pendidikan, attitude, dan pengembangan diri (learning habits). Dengan kata lain, skill berkaitan dengan kreatifitas dan pengetahuan seseorang untuk membuat pekerjaan lebih bermakna.

3.     Penghasilan (Uang).

Jelas faktor ini sangat erat kaitannya dengan produktifitas kerja, dengan tingkat penghasil yang memadai dan adanya potensi peningkatan penghasilan di masa yang akan datang sangat mempengaruhi produktifitas. Faktor ini juga sangat mempengaruhi factor yang pertama, yaitu motivasi. Dengan terjamin dan tercukupinya kebutuhan pegawai akan menunjang konsentrasi dan fokus kerja untuk memberikan yang terbaik di tempat kerja akan muncul dengan sendirinya.

4.     Work Life Balance.

Faktor ini sudah sangat didorong langsung oleh Ibu Menteri Keuangan secara langsung di berbagai kesempatan kegiatan beliau saat bertemu dengan jajaran Kementerian Keuangan. Beliau sangat memahami betul bahwa produktifitas kerja sangat dipengaaruhi oleh faktor ini. Keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan kehidupan professional selaku pegawai agar terus dipelihara dan jaga. 

 Dengan kita mengenal dan memahami betul hal-hal yang mempengaruhi produktifitas kerja maka kita dapat melakukan langkah-langkah yang tepat agar pegawai atau organisasi dapat memberikan kemampuan dan produktifitasnya secara maksimal dan berhasil guna.

( Penulis : Dwi Rahmanto )

Referensi:

Industrial Knowledge; www.nikunjbhoraniya.com

Ramadon, Syahri., Yanti Pasmawati., C. D. K. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Produktivitas Kerja. Universitas Bina Darma, 3(12), 1–12

Saleh, A. R., & Utomo, H. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PT Inko Java Semarang. Among Makarti, 11(21), 28–50

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini