Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Tahun
Edy Heryanto
Selasa, 21 Agustus 2018   |   203 kali

Palembang - "Indonesia raya merdeka-merdeka, tanahku negeriku yang kucinta, Indonesia raya merdeka-merdeka hiduplah Indonesia raya".  Jumat, 17 Agustus 2018, lagu Indonesia Raya berkumandang di halaman depan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan Bangka Belitung pada  upacara dalam rangka  Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun. Upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini diikuti oleh para pegawai Kementerian Keuangan di wilayah Sumatera Selatan, antara lain pegawai Direktorat Jenderal Pajak, pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan pegawai Balai Diklat Keuangan Palembang mulai dari Pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV dan pelaksana.

 

Upacara yang dimulai Pukul 07.00 WIB ini berlangsung secara khidmat dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Thaufik yang merupakan Kepala Kanwil DJKN Sumsel, Jambi dan Bangka Belitung. Sebelum acara dimulai Komandan Upacara dari masing-masing kantor melakukan persiapan barisan para peserta upacara. Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah bendera Merah Putih berkibar, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta oleh para peserta upacara untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Naskah proklamasi serta pembukaan UUD 1945 oleh petugas upacara yang ditunjuk oleh perwakilan dari masing-masing kantor wilayah. Sebelum upacara diakhiri dengan pembacaan Do’a dilakukan juga Pemberian Penghargaan bagi para pegawai teladan di Kementerian Keuangan di wilayah Sumatera Selatan yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh masing-masing Kepala Kantor Wilayah Kementerian Keuangan Wilayah Sumatera Selatan.


(Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi)



Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini