Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung
BERITA UTAMA
Konferensi Pers APBN Bulan Mei 2022 dilaksanakan secara hybrid dengan pelaksanaan secara offline di Aula Djuanda Kementerian Keuangan pada Senin, 23 Mei 2022 serta penayangan secara online melalui kanal Youtube Kementerian Keuangan.
Profil Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung

Profil Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung

 

Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung atau biasa disingkat Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel/Kanwil DJKN SJB merupakan Unit Eselon II di lingkungan DJKN yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal Kekayaan Negara.

 

Lokasi Kantor

Kanwil DJKN SJB berlokasi di Gedung Keuangan Negara (GKN) Palembang, di Jalan Kapten A. Rivai Nomor 4 Lantai III, Palembang. Selain Kanwil DJKN SJB, dalam lingkungan GKN Palembang berkantor juga Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan, KPPN Palembang, KPKNL Palembang, dan KPP Pratama Palembang Ilir Timur.

 

Letak Kanwil DJKN SJB sangat strategis karena bersebelahan dengan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dan juga kantor-kantor, baik instansi pemerintah, maupun swasta.




 

Foto Tampak Depan Kantor Wilayah DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel

 

 

 

Wilayah Kerja

 

Secara geografis, wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel meliputi provinsi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung dan membawahi 4 (empat) unit instansi vertikal yang disebut Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), meliputi KPKNL Jambi (melingkupi 11 kabupaten/kota), KPKNL Lahat (melingkupi 8 kabupaten/kota), KPKNL Palembang (melingkupi 10 kabupaten/kota), dan KPKNL Pangkalpinang (melingkupi 7 kabupaten/kota).

 

Visi dan Misi

 

Sebagai wujud penjabaran dari visi yang telah ditetapkan “Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”, Kantor Wilayah DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel memiliki 5 (lima) misi yang harus diemban dan dilaksanakan yaitu:

 

a.   Mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara;

 

b.   Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum;

 

c.   Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara;

 

d.   Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan; serta

 

e.   Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.


Tugas dan Fungsi

    Kantor Wilayah mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, supervisi, pengendalian, evaluasi dan pelaksanaan tugas di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang.


Kantor Wilayah menyelenggarakan fungsi, sebagai berikut:

  • a. Pemberian bimbingan teknis, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan di bidang kekayaan negara;
  • b. Pemberian bimbingan teknis, pemantauan, evaluasi, dan koordinasi pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;
  • c. Pemberian bimbingan teknis, pemantauan, dan evaluasi atas penatausahaan, penagihan, dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;
  • d. Pemberian bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan di bidang penilaian;
  • e. Pemberian bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan, evaluasi, dan verifikasi lelang serta pengembangan lelang
  • f.  Pemberian pelayanan advokasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;
  • g. Pemberian bimbingan teknis pemantauan, evaluasi, dan pelaksanaan pelayanan informasi serta pelaksanaan verifikasi pengurusan piutang negara dan lelang;
  • h. Pembinaan terhadap Penilai, Jasa Lelang, dan Profesi Lelang;
  • i.  Penyiapan bahan bimbingan dan evaluasi kepatuhan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa;
  • j.  Pelaksanaan pengawasan teknis pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, penilaian, dan lelang;
  • k. Pelaksanaan penilaian dan pengurusan piutang negara; dan
  • l.  Pelaksanaan administrasi Kantor Wilayah.

Struktur Organisasi

 

       Struktur organisasi pada Kantor Wilayah DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel terdiri dari:

 

 

 

  

a.  Bagian Umum

Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan sumber daya manusia, keuangan, perlengkapan, protokol, tata usaha, dan rumah tangga, serta penatausahaan, pengamanan, pengawasan barang milik negara di lingkungan kantor wilayah.

 

b.   Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara

Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara mempunyai tugas melaksanakan pemberian bimbingan teknis, evaluasi dan pelaksanaan penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, akuntansi, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan di bidang kekayaan negara.

 

c.   Bidang Penilaian

Bidang Penilaian mempunyai tugas melaksanakan pemberian bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, evaluasi dan bimbingan terhadap Penilai serta pelaksanaan kegiatan di bidang penilaian sumber daya alam, properti, properti khusus dan usaha.

 

d.   Bidang Piutang Negara

Bidang Piutang Negara mempunyai tugas melaksanakan bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengurusan piutang negara, pemberian bahan pertimbangan atas usul penghapusan piutang instansi pemerintah daerah, pencegahan bepergian ke luar negeri, paksa badan atau penyelesaian piutang negara, penyiapan bahan penetapan persetujuan/penolakan keringanan hutang, serta bimbingan teknis pengelolaan barang jaminan dan pemeriksaan harta kekayaan atau barang jaminan yang tidak diketemukan milik penanggung hutang atau penjamin hutang.

 

e.   Bidang Lelang

Bidang Lelang mempunyai tugas melaksanakan bimbingan teknis penggalian potensi, pemantauan, evaluasi, verifikasi, dan pengembangan lelang, dan bimbingan terhadap Profesi Pejabat Lelang, dan jasa lelang, serta pengawasan lelang.

 

f.    Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi

Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan bimbingan dan pelaksanaan penyiapan bahan rencana kerja, rencana strategik, laporan akuntabilitas kinerja, dan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis, penanganan perkara dan pemberian pendapat hukum (legal opinion), serta perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, dan pengawasan implementasi sistem aplikasi, penyajian informasi dan hubungan masyarakat.

 

g.   Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  

  

Moto

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Kanwil DJKN SJB mempunyai moto yaitu CINDO yang merupakan singkatan dari :

·    Cermat : Kanwil selaku Pembina KPKNL di wilayahnya harus selalu bertindak seksama dan teliti agar pembinaan dapat berdampak baik terhadap peningkatan kinerja (zero mistake)

·   INovatif : sebagai pelaksana tugas tingkat wilayah, Kanwil harus melakukan inovasi-inovasi untuk menunjang kinerja dan menghadapi segala hambatan dan masalah

·     Disiplin : kesanggupan untuk mentaati peraturan dan melaksanakan kode etik serta nilai-nilai Kementeri Keuangan dalam menjalankan tugas

·     Objektif : Kanwil harus selalu mempertimbangkan segala aspek dan dampaknya atas segala masalah sehingga sikap dan putusan harus benar-benar menghindari unsur keberpihakan (nonsubjektif)

 Cindo merupakan kosa kata bahasa Palembang yang artinya cantik. Dengan moto itu, Kanwil DJKN SJB berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang sebaiknya-baiknya dengan cindo kepada para pemangku kepentingan (stakeholder).

 

 


Wilayah Kerja
Kabupaten Batanghari
Kabupaten Bungo
Kabupaten Kerinci
Kabupaten Merangin
Kabupaten Muaro Jambi
Kabupaten Sarolangun
Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Kabupaten Tebo
Kota Jambi
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Banyuasin
Kabupaten Empat Lawang
Kabupaten Musi Banyuasin
Kota Palembang
Kota Prabumulih
Kabupaten Ogan Ilir
Kabupaten Ogan Komering Ilir
Kabupaten Ogan Komering Ulu
Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Kabupaten Musi Rawas
Prestasi Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung
Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel menjadi unit kerja yang telah meraih predikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2021
Peta Lokasi Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung
Alamat Kantor
Jl. Kapten A. Rivai No. 4 Gedung Keuangan Negara Lt. 3 Palembang - 30135
(0711) 362132
(0711) 310469
kanwildjkn4@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini