Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
The Power of Infographics
Dewi Lestuti Ambarwati
Jum'at, 23 Juli 2021   |   192 kali

Palembang- Pada Kamis, 22 Juli 2021 sekitar pukul 09.00 WIB Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel (SJB) bekerja sama dengan Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang mengadakan webinar bertajuk “The Power of Infographics” dengan narasumber yaitu Agus Hekso Pramudijono, Widyaiswara Pusdiklat Keuangan Umum. Webinar dimulai dengan Opening Speech oleh Kepala BDK Palembang, Ahmad Rus’an dan dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Kepala Kanwil DJKN SJB, Surya Hadi. Webinar ini cukup diminati oleh banyak peserta, terlihat dari jumlah peserta sebanyak 686 peserta dimana peserta dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berjumlah 581 peserta dan dari Non Kemenkeu berjumlah 105 peserta. Bertindak sebagai MC Webinar yaitu Yunita Sari, sedangkan sebagai Moderator yaitu Kepala Seksi PKN II Kanwil DJKN SJB, Raudatul Munawwarah memandu jalannya Webinar.

Dalam paparannya, Agus menjelaskan mengenai Tips Dalam Membuat Infografis, yaitu: Menentukan story board, yaitu menentukan topik bahasan dan tujuan pembuatan Infografis; Menentukan audience dan target user, seperti usia audience yang berpengaruh pada pemilihan warna; Mengumpulkan data dan sumber referensinya; Melakukan visualisasi data. Visualisasi data dilakukan untuk melihat validitas data dan untuk melihat apakah hasil visualisasi data sudah sesuai dengan yang diinginkan. Visualisasi data dengan prinsip ICCORE, yaitu: Inform : Berisi informasi yang jelas;  Change: Cerita mengenai sesuatu yang dilakukan; Compare: Perbandingan antara data; Organize: Penggunaan informasi secara beruntut; Relationship: Penunjukkan hubungan yg lebih kompleks antardata; Explore: Pengguna dapat mengeksplorasi inforgrafis secara detail/menambah wawasan; Merancang grid/bagian-bagian sehingga Visualisasi data dapat terkelompok menjadi bagian-bagian yang rapi; Menentukan Template, dan; Merancang Desain

Selain itu, Agus juga menjelaskan mengenai berbagai macam jenis grafik dan kegunaannya, dimana tujuan yang berbeda akan menggunakan jenis grafik yang berbeda pula. Agus menjelaskan bahwa dibutuhkan keterampilan khusus dalam bahasa progamming untuk dapat mahir membuat Infografis yang memiliki dashboard dan fitur yang lengkap dan dapat menggunakan aplikasi seperti Fine Report dan Tableau Software. Akan tetapi, bagi para pemula dapat menggunakan Excel yang dirasa sudah cukup dan apabila sudah mahir dapat melanjutkan ke aplikasi yang lebih kompleks. Dalam poinnya, Agus menekankan bahwa hal yang terpenting adalah bukanlah soal uji keren Visualisasi Data melalui Infografis, tetapi tujuan dibuatnya Infografis tersebut dengan informasi yang lengkap dan memadai sehingga dapat tersaji data yang informatif bagi para audience.

Antusiasme para peserta webinar terlihat dari ramainya kolom chat Zoom Meeting yang mengharapkan Webinar tersebut untuk dijadikan Open Class/ Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) sehingga orang-orang awam dan para pemula yang tertarik untuk memperdalam ilmu mengenai pembuatan Infografis tersebut dapat meningkatkan skill yang dimilikinya.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, Webinar dilanjutkan dengan sesi Kuis Berhadiah yang diadakan oleh BDK Palembang dimana diambil 3 pemenang untuk dikirim hadiah eksklusif. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Moderator yang menjadi sesi akhir dari Webinar.

(TIM KIHI-21)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini