Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dalami Pentingnya KND dalam PEN, Kanwil DJKN SJB Adakan Webinar Mengenal Tusi Direktorat KND
Muhammad Zulkifli
Rabu, 05 Mei 2021   |   694 kali

Palembang – Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumsel, Jambi, dan Babel (SJB) mengadakan webinar mengenai tugas dan fungsi Direktorat Kekayaan Negara (KND) untuk lebih mendalami peran KND dalam pemulihan ekonomi nasional dengan tema “Edukasi Tusi Direktorat KND dan Perannya Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional” dalam kegiatan RAMU atau RAbu berilMU pengetahuan sebagai program rutin Kanwil DJKN SJB pada Rabu, (5/5) secara daring.


Kepala Kanwil DJKN SJB Surya Hadi mengucapkan terima kasih atas kesediaan narasumber yakni Direktur KND Meirijal Nur yang berkenan meluangkan waktu untuk hadir pada acara webinar yang dihadiri oleh sekitar 290-an peserta.


Surya menyampaikan dirinya merasa penting untuk mengadakan webinar ini karena di unit vertikal (Kanwil/KPKNL) tidak ada tusi langsung/direct berkenaan dengan tusi Direktorat KND “Direktorat KND juga seolah-olah unit Eselon II DJKN yang berdiri sendiri. Namun ternyata peran Direktorat KND sangat penting sekali,” ujarnya.


Tugas-tugas penting yang tidak pernah dilakukan oleh unit vertikal DJKN di daerah,lanjutnya,  yaitu melakukan pengusulan penyertaan modal negara (PMN), pengukuran efektivitas kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pembinaan BUMN yang berada di bawah Kementerian Keuangan

Atas dasar itulah, ia menegaskan perlu dilakukan sharing knowledge terkait tusi Direktorat KND. “Apabila ada program Direktorat KND yang perlu dukungan dari unit vertikal, jajarannya siap untuk melaksanakan dengan optimal,” pungkas Surya mengakhiri sambutannya. 


Dalam webinar yang dimoderatori Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil SJB Muhammad Syukur, Direktur KND Meirijal Nur menyampaikan bahwa meskipun masih dalam suasana pandemi Covid tidak menghalangani untuk saling bertukar informasi dan silaturahmi.

“Acara kali ini bukanlah sharing knowledge, akan tetapi lebih kepada diskusi atau berbagi cerita dan pengalaman,” tambahnya.


Meirijal memaparkan secara rinci mengenai beberapa hal antara lain, struktur organisasi Direktorat KND; tugas-tugas yang dikerjakan Dit. KND; siapa yang dilayani; Peran Menkeu selaku Pengguna anggaran BUN, Portofolio KND, dan apa yang telah dilakukan Dit.KND.


Selain itu, Pak Mei, sapaan akrab Meirijal juga menyampaikan seluas apakah pengelolaan BUMN yang dilakukan, BUMN/perusahaan/embaga mana yang diawasi dan dibina, apa yang sedang fokus ditangani saat ini, dan apa yang ingin dicapai serta Framework program PEN dan juga Dukungan kepada BUMN.


Setelah Meirijal menyampaikan paparannya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ditutup dan berakhir pada sekitar pukul 11.30 WIB. (Tim KIHI-Kanwil SJB-17).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini