Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sharing Knowledge : Perencanaan dan Pengadaan SDM
Muhammad Zulkifli
Selasa, 10 Maret 2020   |   245 kali

Palembang – Bertempat di ruang Aula Kanwil DJKN SJB pada Kamis 5 Maret 2020 diadakan sharing session terkait dengan perencanaan dan pengadaan SDM. Acara dibuka oleh Sujarwo Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN SJB.  Sujarwo mengucapkan terima kasih atas kehadiran pegawai untuk mengikuti kegiatan sharing session ini yang dirasa sangat penting untuk diketahui semua pegawai, karena menyangkut dengan posisi kita sebagai Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara terutama mengenai perencanaan, pengadaan, dan pengembangannya.

 

Selanjutnya Arto Guntoro Kepala Subbagian Kepegawaian Kanwil DJKN SJB mengisi acara sharing session dengan menyampaikan informasi antara lain mengenai Manajemen PNS, Pengelolaan SDM, Perencanaan SDM, Proses Perencanaan SDM, Tahapan Perencanaan SDM, Metode Perhitungan Kebutuhan SDM, Pemanfaatn Output Perencanan SDM, Strategi Pemenuhan Kebutuhan SDM, Pengajuan Usul Formasi Melalui Aplikasi, Pengelolaan Kompetensi, Jenis Kompetensi, Pendekatan Kompetensi, Kamus Kompetensi, Standar Kompetensi Jabatan, dan Dialog Kinerja Individu (DKI).

 

Terkait Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) pada Jabatan Struktural, saat ini Kemenkeu menerapkan 8 kamus kompetensi (sebelumnya 23 kamus kompetensi) yaitu Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural. Kompetensi Manajerial terdiri dari 8 kompetensi yaitu : integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan public, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan perubahan, dan pengambilan keputusan. Sedangkan Kompetensi Sosial Kultural yaitu perekat bangsa, dimana pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk. Kompetensi ini erat kaitannya dengan sikap toleransi, keterbukaan, dan kepekaan terhadap perbedaan antar nilai dan kelompok masyarakat.

 

Menutup acara Sujarwo berharap semoga apa yang telah didapatkan dari sharing session ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat. Sujarwo juga berharap agar dapat diteruskan kembali pengetahuan yang telah diperoleh kepada pegawai lain yang tidak sempat hadir. (Tim KIHI Kanwil SJB)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini