Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Memperingati Hari Lahir Pancasila : Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Senin, 05 Juni 2023   |   639 kali

Manado - Pada Kamis (01/06/23) di lapangan upacara Gedung Keuangan Negara Manado telah dilaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri oleh para pejabat dan pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara.

Tema Hari Lahir Pancasila pada tahun 2023 adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Tema ini menggambarkan sebuah visi besar dari bangsa yang besar mengingat Indonesia adalah bangsa yang besar, yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, namun juga memikirkan peradaban dan kemajuan dunia.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, Nikodemus Sigit Rahardjo bertindak selaku Inspektur Upacara.

“Gotong-royong merupakan salah satu nilai-nilai bangsa Indonesia yang harus terus diaktualisasikan. Bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaannya berkat gotong-royong. Indonesia dapat meraih capaian pembangunan seperti hari ini juga karena gotong-royong. Saya yakin, hanya dengan gotong-royong kita mampu menghadapi tantangan di masa depan yang semakin berat.” ujar Nikodemus saat membacakan pidato yang disampaikan oleh Menteri Keuangan pada Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Nikodemus menyampaikan bahwa APBN yang kita kelola juga merupakan bentuk gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Rakyat Indonesia secara sadar dan bertanggungjawab melaksanakan kewajiban membayar pajak untuk bersama-sama membiayai pembangunan. “Semangat rakyat untuk bergotong-royong melalui APBN harus terus dijaga dan ditumbuhkan dengan cara kita mengelola keuangan negara secara profesional, transparan dan akuntabel” tutur Nikodemus.

“Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk terus menghayati dan mengamalkan seluruh nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, hingga pada tingkat nasional. Jadikan Pancasila sebagai panduan dan pedoman dalam menjalani kehidupan kita sebagai warga negara Indonesia. Jadikanlah Pancasila sebagai sumber inspirasi dan kebanggaan kita sebagai bangsa” ajaknya.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari wujudkan Indonesia yang terus tumbuh, lebih maju, harmonis, adil dan sejahtera. (debora)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini