Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peringati Friendship Day, Kanwil DJKN Suluttenggomalut Sambut 9 Orang Keluarga Baru
Ayutia Nurita Sari
Selasa, 02 Agustus 2022   |   103 kali

Manado – Menyambut hari pertama di bulan Agustus, Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) membawakan kegiatan Galang Semangat Pagi dengan tema “Friendship Day” yang dilaksanakan di aula Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Sulutteggomalut) pada Senin (01/08/22).

“Semoga di awal bulan agustus ini kita semua bersemangat dalam mencapai kinerja yang memuaskan,” kata Dhita Amanda Sari sebagai pemandu acara.

Tema Friendship Day diambil dalam rangka memperingati Hari Persahabatan Sedunia setiap tanggal 30 Juli.

“Hari Persabatan Sedunia ini ditetapkan oleh United Nations dengan gagasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas,” kata Ayutia Nurita Sari saat membawakan materi.

Disampaikan oleh Ayutia bahwa United Nations sendiri menyatakan untuk menghadapi krisis dan tantangan perdamaian dunia, akar permasalahannya harus diatasi dengan merpertahankan semangat solidaritas manusia yang mana cara paling sederhananya adalah dengan persahabatan.

“Kita menghabiskan waktu dalam sehari itu paling lama di kantor setidaknya 8 jam sehari. Lama kelamaan rekan-rekan kerja di kantor pun menjadi teman bahkan keluarga kedua, karena selain bekerja, waktu kita akan digunakan untuk berinteraksi dan menghabiskan waktu luang bersama rekan di kantor,” tuturnya.

“Hubungan yang baik antar rekan kerja di kantor merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung terbentuknya sinergitas dan produktivitas dalam bekerja. Hubungan yang baik akan menumbuhkan rasa percaya. Berangkat dari kepercayaan ini, suasana kerja di kantor pun akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan,” ujar Ayutia.

Ayutia turut menjelaskan manfaat dalam menjalin persahabatan dengan rekan kerja, diantaranya:

1.  Adanya keterbukaan dan komunikasi yang baik, sehingga akan lebih nyaman dalam menyampaikan pendapatan dan berdiskusi.

2.  Membangun kerja sama yang solid sehingga pekerjaan pun menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan.

3.  Mengurangi stres dan membuat suasana kerja jadi lebih menyenangkan.

4.  Meningkatkan hubungan antar pribadi dan loyalitas pada organisasi.

5.  Memperluas networking dan berkesempatan untuk mengenal orang baru saat bertemu dengan relasi rekan kerja.

Kegiatan tersebut turut menjadi momen untuk berkenalan dengan sembilan pegawai dan keluarga baru Kanwil DJKN Suluttenggomalut, yaitu Djeine Suwuh, Rommy Beno Rumondor, Antonius Victor, Faizal, Nyipto Raharjo, Grace Anace Teresia M, Jenny Serly Tulung, Hengky Adiprana M, dan Charles Stepanus Butarbutar.

Galang Semangat Pagi diakhiri dengan kuis tebak lirik Mars Kementerian Keuangan dan arahan dari Kepala Bagian Umum P. Epi Sumanto.

“Selamat datang teman-teman yang baru. Tolong disini bekerja dengan senyaman-nyamannya karena kita lah keluarga kedua,” kata Epi.

“Ada beberapa sifat manusia, dalam hal ini pegawai, diantaranya dominance, influencer, steadiness, dan compliance. Mau yang mana pun sifatnya, tentunya siapa pun yang masuk DJKN usahakan untuk bekerja dengan baik,” tutupnya. (ayu/wdp)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini