Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sharing Knowledge Sambut Pegawai Baru
Bintang Adita Putri
Jum'at, 28 Agustus 2020   |   178 kali

Manado (Jumat, 28/8/2020) – Dalam upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan dan/atau sikap perilaku pegawai dalam pelaksanaan tugas jabatannya sesuai kebutuhan organisasi, Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) mengadakan sharing knowledge secara virtual pada Jumat sore. Kegiatan tersebut mengusung tema tentang tugas dan fungsi Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) serta Piutang Negara (PN).

Kepala Subbagian Kepegawaian Nurhaini Imawati mengatakan bahwa salah satu pencapaian indikator kinerja utama sumber daya manusia yang kompeten adalah adanya sharing knowledge dan seminar.

“Perlu disampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang kompetitif serta memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, terlebih saat ini Kanwil DJKN Suluttenggomalut telah kedatangan 10 pegawai baru sehingga sekaligus dikonsep sebagai pengenalan profil kantor maupun tugas dan fungsi bidang”, jelas Ima.

Selanjutnya, Anggun Prihatmono selaku Kepala Bidang KIHI dan Plt. Kepala Bidang PN menyampaikan paparan terkait tugas dan fungsi pada masing-masing bidang tersebut. Sependapat dengan Ima, ia juga menjelaskan sekilas tentang wilayah kerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut kepada pegawai baru.

“Bidang KIHI terdiri dari 3 seksi yaitu Seksi Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi. Masing-masing seksi memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Pada intinya, tugas dan fungsi Bidang KIHI secara keseluruhan adalah melaksanakan penyiapan bahan bimbingan dan pelaksanaan penyiapan bahan rencana kerja, rencana strategik, laporan akuntabilitas kinerja, dan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis, penanganan perkara dan pemberian pendapat hukum (legal opinion), serta perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, dan pengawasan implementasi sistem aplikasi, penyajian informasi dan hubungan masyarakat“, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, para kepala seksi di Bidang KIHI secara bergantian turut menjelaskan uraian tugas dan kegiatan yang sehari-hari dilakukan.

Selanjutnya, Anggun menyampaikan tugas dan fungsi Bidang PN. Ia  mengatakan bahwa tujuan pengurusan piutang negara yaitu untuk melakukan penagihan piutang negara secara singkat, efektif serta mendapatkan hasil yang optimal dengan tetap memberikan kepastian hukum kepada penanggung utang. Sedangkan wewenang khususnya yaitu menerbitkan keputusan-keputusan yang mempunyai kekuatan seperti keputusan hakim serta melaksanakan sendiri putusan-putusannya tanpa harus meminta bantuan dari lembaga peradilan.

Alur proses pengurusan dan penghapusan piutang yang dilaksanakan di Kanwil DJKN Suluttenggomalut salah satunya adalah proses keringanan dan pertimbangan penghapusan piutang daerah baik mutlak maupun bersyarat”, ungkapnya.

Tak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga diperkenalkan berbagai aplikasi pendukung tugas dan fungsi Bidang KIHI serta PN seperti Sibankum, CMS WEBDJKN, Laporan Kinerja KEP-96, dan FocusPN.

Sharing knowledge pada Kanwil DJKN Suluttenggomalut akan terus diagendakan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini