Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Target Sertifikasi BMN Tahun 2023 Tercapai dengan Sangat Baik
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Kamis, 21 Maret 2024   |   19 kali

Manado – Pada Kamis (21/3) Kanwil DJKN Suluttenggomalut melaksanakan kegiatan rapat koordinasi pensertifikatan BMN berupa tanah tahun anggaran 2024 di lingkup Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah, Kantor Wilayah BPN Provinsi Gorontalo, dan Kantor Wilayah BPN Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan pada Aula Serba Guna lantai 6 GKN Manado serta diselenggarakan secara hybrid melalui Aplikasi Zoom Meeting.

Sambutan sekaligus arahan disampaikan oleh Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Nikodemus Sigit Rahardjo. Dalam sambutannya, Nikodemus menekankan pentingnya mengelola dan menjaga Barang Milik Negara dan salah satu upaya dalam menjaga BMN tersebut adalah dengan cara pensertifikatan BMN berupa tanah sesuai amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara yang dalam Pasal 49 ayat 1 menyatakan bahwa “Seluruh Barang Milik Negara/Daerah berupa tanah yang dikuasai Pemerintah Pusat/Daerah harus disertifikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia/Pemerintah Daerah yang bersangkutan”.

Selanjutnya, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut kemudian memaparkan mengenai keberhasilan penyelesaian target sertipikasi BMN berupa Tanah di Tahun 2023 di mana capaian Kanwil DJKN Suluttenggomalut dengan target 1.633 NUP tercapai sebanyak 2.182 NUP (133,62%).

Atas capaian tersebut, Kepala Kanwil memberikan apresiasi setinggi-tingginya tidak hanya kepada seluruh jajaran DJKN Suluttenggomalut tapi juga kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN lingkup Provinsi Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara yang telah menjadi mitra kerja yang kolaboratif dan solutif sehingga target sertipikasi BMN berupa tanah di TA 2023 dapat dicapai dengan baik.

Keberhasilan atas capaian penyelesaian target sertipikasi di tahun 2023 juga diharapkan dapat menjadi pelecut semangat bagi seluruh jajaran baik DJKN maupun Kementerian ATR/BPN dalam menyelesaikan target sertipikasi BMN berupa tanah di TA 2024 yang pada wilayah kerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut telah ditetapkan targetnya sebanyak 3.784 bidang tanah.

Dalam kesempatan sambutan acara ini, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut juga mengambil kesempatan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh peserta rapat mengenai budaya integritas yang ada di Kementerian Keuangan khususnya di DJKN serta mengenai pengendalian gratifikasi di lingkungan DJKN khususnya di Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

Pembahasan pada rapat tersebut diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada baik dari sisi DJKN selaku pengelola barang, satker selaku pengguna barang, maupun dari sisi ATR/BPN sebagai ekesekutor penerbitan sertifikat. Dalam dua sesi pembahasan bersama seluruh Kanwil BPN lingkup Suluttenggomalut, diperoleh dua kesimpulan utama terkait upaya percepatan penyelesain target sertipikasi di tahun 2024 yaitu adanya kebijakan nasional dari Kementerian ATR/BPN terkait penerbitan sertifikat elektronik serta perlunya peningkatan koordinasi dengan satker-satker target sertipikasi tanah untuk dapat betul-betul memastikan kelengkapan berkas tanah yang dimiliki sehingga tidak menghambat proses penerbitan sertifikat oleh Kantor Pertanahan setempat. (debora)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini