Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Koordinasi Penetapan Daftar Nominatif Target Sertifikasi BMN Berupa Tanah TA 2024 di Maluku Utara
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Jum'at, 23 Februari 2024   |   12 kali

Ternate – Pada Jumat (23/2) Kanwil DJKN Suluttenggomalut melaksanakan kegiatan rapat monitoring dan evaluasi sertipikasi BMN berupa tanah TA 2024 sekaligus koordinasi penetapan daftar nominatif target sertipikasi BMN berupa tanah TA 2024 yang membahas mengenai strategi dalam penyelesaian sertifikasi 2024 di wilayah Provinsi Maluku Utara serta diskusi dalam rangka mencari alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan sertifikasi BMN 2024.

Rapat tersebut membahas mengenai beberapa hal. Pada kesempatan tersebut, disebutkan bahwa total target sertifikasi BMN TA 2024 pada KPKNL Ternate adalah sebanyak 88 NUP dan 88 Bidang Tanah. Per 23 Februari 2024, capaian IKU Sertipikasi BMN pada KPKNL Ternate adalah 1,14 persen.

Kanwil ATR/BPN dan seluruh kantor pertanahan yang ada di wilayah Provinsi Maluku Utara akan terus berkoordinasi dengan KPKNL Ternate dan Kanwil DJKN Suluttenggomalut, satuan kerja, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menyelesaikan target sertipikasi BMN di wilayah Prov. Maluku Utara.

Sesuai Peraturan Menteri ATR BPN No.3 Tahun 2023, sertifikasi elektronik telah mulai diterbitkan oleh Kanwil BPN Maluku Utara. Peran aktif kementerian/lembaga diperlukan untuk berkoordinasi dengan Kanwil BPN dan Kantor pertanahan setempat untuk menentukan batas tanah yang akan dilakukan pensenrtipikatan tanah.

Kendala pensertipikatan yang sering terjadi yaitu kepastian hukum dan perlindungan hukum saat dilakukan pengukuran bidang tanah yang disertipikatkan. Verifikasi target bidang tanah penting selalu dikoordinasikan antara Kanwil BPN, Kanwil DJKN serta kementerian/lembaga untuk menghasilkan data yuridis yang lengkap dan valid. (debora)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini