Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Mengajar 8 Sulawesi Utara : Dari Kami, Untuk Negeri!
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Jum'at, 27 Oktober 2023   |   23 kali

Kemenkeu Mengajar merupakan kontribusi konkret Kementerian Keuangan dalam mengedukasi generasi muda seputar ekonomi dan keuangan negara serta memperkenalkan profesi dan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara sukarela dan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pada Senin (23/10) Kemenkeu Mengajar 8 telah dilaksanakan secara serentak pada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia serta SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri). Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 8 dengan mengajar para siswa dari SDN Malalayang, SMPN 2 Manado, SMAN 9 Manado, SMAN 2 Bitung, SMAN 2 Tomohon, SMKN 1 Tondano, SMAN 1 Wori, SMAN 1 Tareran, dan SMAN 1 Tahuna.

Adapun relawan yang berkontribusi pada Kemenkeu Mengajar 8 Provinsi Sulawesi Utara terdiri atas koordinator daerah, panitia daerah, relawan pengajar, relawan fasilitator, dan relawan dokumentator. Kanwil DJKN Suluttenggomalut turut berkontribusi dengan hadirnya 16 pegawai selaku relawan yang tersebar di beberapa sekolah yaitu SDN Malalayang, SMPN 2 Manado, SMAN 9 Manado, SMAN 2 Bitung, dan SMAN 1 Tareran.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara turut berkontribusi selaku wildcard pada SMAN 1 Bitung, begitu juga Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Suluttenggomalut P. Epi Sumanto turut berkontribusi selaku wildcard pada SMPN 2 Manado dan Kepala Bagian Piutang Negara Raymond Jackson Effendy selaku wildcard pada SMKN 1 Tondano.

Sesampainya di sekolah-sekolah, para relawan disambut dengan penampilan yang meriah sebagai persembahan dari para siswa sebagai sambutan dari para siswa berupa tari-tarian, yel-yel, hingga pembacaan puisi.  Kedatangan para relawan juga turut disambut oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta para guru yang turut mendampingi para relawan agar kegiatan belajar-mengajar dapat dipastikan terlaksana dengan lancar.

Kegiatan berlangsung dengan penuh keceriaan. Para siswa diajak untuk belajar sambal bermain, sehingga mereka menjadi sangat antusias untuk mengikuti program Kemenkeu Mengajar. Mereka sudah tidak sabar menunggu kedatangan kembali kakak-kakak pengajar yang dengan senang hati mengajak mereka bermain sambal belajar tentang keuangan negara.

Kemenkeu Mengajar 8, dari kami, untuk negeri! (debora)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini