Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Yuk, Intip Keseruan Cerita di Kemenkeu Mengajar 8 (Cerdik) Sulawesi Utara!
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Rabu, 04 Oktober 2023   |   13 kali

Manado – Pada Selasa (03/10), Kanwil DJKN Suluttenggomalut bersama dengan Kanwil DJPb Sulut dan Kanwil DJBC Sulbagtara mengadakan kegiatan Cerdik (Cerita di Kemenkeu Mengajar 8) bertempat di Gedung Keuangan Negara Manado yang bertema, “Budaya Literasi di Era Digital”. Manado menjadi salah satu kota yang terpilih untuk dapat menyelenggarakan kegiatan Cerdik.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Nikodemus Sigit Rahardjo selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara besera jajaran, Febry H.J. Dien selaku narasumber, seluruh panitia Cerdik, dan puluhan siswa-siswi dari SMA Binsus 9 Manado selaku peserta kegiatan Cerdik.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan serta flashmob yang diikuti oleh seluruh panitia dan peserta Cerdik. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias, terutama ketika para peserta melaksanakan office tour atau tur ke kantor-kantor yang berada di lingkungan Gedung Keuangan Negara Manado. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang dipandu oleh satu orang Liaison Officer yang akan memandu para siswa serta memperkenalkan seputar tugas dan fungsi dari unit kerja yang dikunjungi oleh para siswa dan tidak lupa juga memperkenalkan seputar keuangan negara yaitu APBN.

Kanwil DJKN Suluttenggomalut juga turut dikunjungi oleh para siswa yang dipandu oleh Debora Nurhary Grecia Marpaung selaku liaison officer. Pada kesempatan tersebut, para siswa mendapatkan pencerahan mengenai apa saja yang dilakukan oleh DJKN terutama pada lingkup Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara mengenai pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) serta pelaksanaan lelang. Para siswa juga diajak untuk berkeliling dan mengeksplorasi ruang-ruang yang terdapat pada Kanwil DJKN Suluttenggomalut untuk memberikan gambaran seputar dunia kerja kepada para siswa.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Febry H.J. Dien selaku narasumber dengan tema “Budaya Literasi di Era Digital”. Pada kesempatan tersebut, Febry mengarahkan para siswa untuk meningkatkan budaya literasi pada kehidupan sehari-hari. Tidak lupa, para peserta juga disuguhi permainan (games) menarik beserta hadiah yang diberikan kepada para pemenang.

Acara Cerdik tahun 2023 di Gedung Keuangan Negara Manado berjalan dengan sangat lancar dan penuh dengan keceriaan. Para siswa sangat antusias mengikuti acara tersebut, sebab para siswa telah mendapatkan ilmu baru seputar keuangan negara dengan cara yang berbeda dan penuh keseruan. (debora)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini