Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan I 2021 Melalui Dialog Kinerja Organisasi
Ayutia Nurita Sari
Kamis, 08 April 2021   |   497 kali

Manado – Sebagaimana amanat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan dikatakan bahwa dialog kinerja antara pimpinan dengan pejabat dan pegawai di bawahnya secara efektif dan berkala dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan individu. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses monitoring dan evaluasi kinerja.

Dialog Kinerja Organisasi (DKO) merupakan komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko, dan rencana aksi organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkala paling sedikit setiap triwulan.

Kamis (07/04), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) melaksanakan kegiatan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan I 2021 dengan agenda evaluasi capaian kinerja triwulan I 2021, pembahasan rencana aksi/strategi pencapaian target triwulan II 2021, serta pembahasan mitigasi risiko. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi Anggun Prihatmono serta dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Aloysius Yanis Dhaniarto dan para pejabat eselon III di wilayah kerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

Pada kesempatan tersebut, Anggun memaparkan Laporan Capaian Kinerja (LCK) Kanwil DJKN Suluttenggomalut Periode Triwulan I Tahun 2021. LCK memuat data realisasi kinerja dan analisis kinerja pada unit kerja.

“Kinerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut, KPKNL Manado, KPKNL Gorontalo, KPKNL Palu, dan KPKNL Ternate pada triwulan I menunjukkan hasil yang baik. Nilai Kinerja Organisasi masing-masing melebihi 100%”, ujar Anggun.

“Hal ini merupakan awalan yang baik dalam pencapaian target ditahun 2021. Semoga kinerjanya dapat dipertahankan dan ditingkatkan”, tambahnya.

Pada sesi berikutnya, Anggun menyampaikan rencana aksi triwulan II serta mitigasi risiko dan dilanjutkan dengan tanggapan masing-masing Kepala KPKNL.

“Diharapkan rekan-rekan di KPKNL untuk dapat mengidentifikasi kendala-kendala dan risiko yang dihadapi. Lengkapi dengan penyebabnya sehingga leveling risiko dapat diketahui dan diukur dampaknya”, kata Anggun.

Selanjutnya masing-masing Kepala KPKNL menguraikan capaian-capaian kinerjanya, mulai dari pengelolaan kekayaan negara, lelang hingga piutang negara yang kemudian dilanjutkan dengan rencana aksi pada triwulan II dan kendala yang dihadapi dalam mencapai targetnya.

Sebagai penutup, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Aloysius Yanis Dhaniarto memberikan apresiasi atas kinerja yang sangat baik pada triwulan I dan berharap bahwa dengan dilaksanakan DKO ini para pegawai dapat memahami target-targetnya serta mampu mengidentifikasi permasalahan dan strategi dalam mencapai target tersebut secara optimal. (ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini