Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan KPKNL Manado Sukses Gelar Lelang Sukarela Produk UMKM melalui Situs lelang.go.id
Ayutia Nurita Sari
Jum'at, 23 Oktober 2020   |   125 kali

Manado – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Dalam rangka melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha, Pemerintah menginisiasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada perekonomian, khususnya sektor UMKM.

 

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) turut berpartisipasi dalam Program PEN, salah satunya dengan pelaksanaan pekan lelang sukarela produk UMKM secara daring melalui portal Lelang Indonesia www.lelang.go.id yang dilaksanakan serentak oleh 71 KPKNL di Indonesia mulai 19 Oktober 2020 hingga 23 Oktober 2020.

 

KPKNL Manado berharap dapat berkontribusi dengan memfasilitasi UMKM dalam memperluas pemasaran produknya agar dikenal di Indonesia,” ujar Kepala KPKNL Manado Rofiq Manshur dalam sambutannya pada kegiatan lelang sukarela produk UMKM.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kurniawan Catur Andrianto selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) serta perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

 

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan lelang.go.id sebagai salah satu pilihan online marketplace untuk memperdagangkan maupun membeli produk. Ini adalah momen yang tepat di tengah pembatasan sosial karena tidak ada kontak fisik.” Ungkap Kurniawan.

 

Lebih lanjut, Kurniawan menjelaskan bahwa lelang memiliki keunikan tersendiri sebagai alternatif sarana jual beli sebab penjual bisa mendapatkan harga terbaik karena adanya persaingan harga antar pembeli. Mayoritas produk terjual pun diatas harga limit.

 

Pelaksanaan lelang sukarela produk UMKM pada Jumat (23/10) ini turut dihadiri oleh para penjual produk khas Manado. Produk yang ditawarkan antara lain keripik kelapa, keripik nike, sambel roa, abon, hingga pakaian batik khas Manado.

 

“Kami berharap platform lelang ini, terutama untuk produk UMKM dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha serta menjadi alternatif dalam memasarkan produknya dan memperluas pasarnya,” tambah Kurniawan.

 

Kegiatan lelang serta pengumuman pemenang berlangsung selama dua jam dan dipimpin oleh Pelelang Ahli Pertama Farid Suprapto.

 

Bagi pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya, cukup registrasi melalui situs www.lelang.go.id serta melakukan verifikasi dengan mengunggah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan informasi pendukung lainnya. Setelah resmi terdaftar, penjual dapat mengunggah foto produk serta rinciannya. (ayu/wdp)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini