Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dukung Pemeliharaan BMN, Kanwil DJKN Sulseltrabar Adakan Knowledge Sharing Perawatan Mobil Dinas
Hendro Nugroho
Selasa, 21 September 2021   |   131 kali

Makassar - Dalam rangka mendukung pemeliharaan Barang Milik Negara (BMN) pada lingkup Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar), sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 21/KMK.01/2012 tentang Pedoman Pengamanan dan Pemeliharaan Barang Milik Negara, Kanwil DJKN Sulseltrabar mengadakan knowledge sharing dengan menghadirkan narasumber dari Kalla Toyata, pada Senin (20/9). Acara yang dilaksanakan secara hybrid dengan tetap menjalankan protokol kesehatan tersebut, mengangkat topik Upaya Pemeliharan BMN melalui Perawatan Mobil Dinas yang Kekinian.

Kegiatan mendapat opening speech dari Kakanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana, yang menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan knowledge sharing tersebut diharapkan dapat membentuk pemahaman yang sama kepada seluruh pegawai atas pentingnya pemeliharaan BMN. “Kita mendapat fasilitas mobil dinas untuk pelaksanaan tugas dan fungsi kita sehari-hari, dengan masa penggunaan yang cukup lama. Tanggung jawab kita dalam konteks pemeliharaan BMN salah satunya adalah dengan merawat mobil dinas, namun terkadang kita abai dengan kondisi mobil dinas tersebut. Maka dari itu knowledge sharing ini sangat penting, agar kita sama-sama dibekali dengan cara perawatan mobil dinas,” ujarnya. Ia juga menyampaikan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keawetan mobil dinas, baik dari faktor penggunanya, maupun faktor lain seperti cuaca dan kondisi medan yang dilalui. Oleh karena itu, sangat penting bagi pegawai untuk mengetahui secara umum tentang pemeliharaan kendaraan dinas secara mandiri.

Dalam kesempatan yang sama, Kakanwil DJKN Sulseltrabar juga menyampaikan apresiasinya kepada Kalla Toyota atas kerja sama yang telah berjalan selama kurang lebih 25 tahun dengan Kanwil DJKN Sulseltrabar. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Fachmi Muis, Service Manager Kalla Toyota, yang menyampaikan materi ‘Ngobrif’ (Ngobrol Otomotif) dengan membahas beberapa hal seputar perawatan mobil seperti periodic maintenance, self check, dan defensive driving. Fachmi mengatakan, bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dan merasa kegiatan tersebut merupakan hal yang luar biasa karena DJKN sangat concern terhadap pemeliharaan BMN hingga perawatan mobil dinas.

Acara berlangsung dengan santai namun antusiasme tinggi peserta acara dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta, baik yang hadir secara langsung maupun melalui media virtual. Kepala Subbagian TURT, Johan Wahyu Utomo selaku moderator memandu jalannya acara dan sesekali memberikan tanggapan terhadap materi yang dibawakan. Untuk memeriahkan acara, ia juga menyiapkan kuis ringan kepada seluruh peserta yang hadir. Acara ditutup dengan harapan ke depan dapat dilaksanakan kerja sama lebih baik antara Kanwil DJKN Sulseltrabar dengan Kalla Toyota, diantaranya melalui pelaksanaan knowledge sharing penggunaan kendaraan secara lebih teknis. (Teks/Foto: Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini