Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Perubahan Target Kinerja Menjadi Tools Dalam Menentukan Arah Bagi Pencapaian Sasaran Organisasi
Robi`ul Atri Duha
Senin, 28 September 2020   |   310 kali

Sebagai upaya meningkatkan kualitas kinerja yang lebih efektif di masa pandemi Covid-19, Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) mengadakan adendum Kontrak Kinerja tahun 2020 sesuai dengan arahan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), pada Rabu (23/09) di Ruang Rapat Kanwil DJKN Sulseltrabar dengan dihadiri seluruh Pejabat Administrator Kanwil DJKN Sulseltrabar, para Kepala Kantor Pelayanan Kekayan Negara dan Lelang (KPKNL), serta Pejabat Pengawas di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana. Ia mengingatkan untuk selalu meningkatkan rasa bersyukur dan menjaga kesehatan karena kedua hal tersebut merupakan penambah imun bagi tubuh. Selain itu, Ekka menjelaskan bahwa dalam menangani permasalahan ditengah kondisi seperti ini Kantor Pusat DJKN telah mengambil kebijakan dan memberi arahan terkait perubahan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan target khususnya pada Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Bidang Piutang Negara, Bidang Lelang, dan Bidang Penilaian.

“Situasi saat ini, kita mengalami banyak kendala ditengah perjalanan tugas yang dikerjakan. Oleh karena itu, saya meminta agar Kepala KPKNL dapat mengupayakan pelayanan yang optimal kepada stakeholders. Masalah target sama halnya tools untuk kita dalam menentukan jalan agar tidak tersesat. Maka dari itu, saya harap Kepala KPKNL dapat lebih mencermati realisasi secara year to year”, jelas Ekka.

Lebih lanjut, Ekka berpesan kepada seluruh Kepala KPKNL untuk dapat menempatkan personil baru yang telah dilantik dan diambil sumpahnya untuk ditempatkan di unit supporting. “Terlebih dahulu personil baru ini ditempatkan di unit supporting agar lebih mengetahui ritme kerja kita. Saya juga meminta agar mereka dibekali dengan materi sosial kultural dan kearifan lokal setempat. Mereka juga jangan hanya menjadi robot-robot di belakang komputer, namun harus tetap mengasah kemampuan kinerjanya di lapangan agar kedepannya militansi DJKN lebih baik”, tambahnya.

Selanjutnya, pemaparan adendum penandatangan Kontrak Kinerja tahun 2020 disampaikan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Wawan Hariyanto. “Perubahan target atau trajectory yang diberikan Kantor Pusat DJKN baik untuk Kanwil dan KPKNL terdiri dari tingkat kesesuaian penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dengan Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK), persentase pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK, persentase hasil lelang berupa pokok lelang, persentase implementasi evaluasi kinerja portofolio aset, dan persentase tindak lanjut penyelesaian atau perbaikan atas sisa aset objek penilaian kembali BMN’’, papar Wawan.

Dari adendum ini, secara prinsip seluruh Kepala KPKNL di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar telah menyetujui perubahan target atau trajectory yang diberikan Kantor Pusat DJKN. Mewakili para Kepala KPKNL, Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto menyampaikan bahwa pihaknya telah setuju dengan perubahan target yang diberikan. “KPKNL Parepare secara prinsip siap menjalankan amanat yang diberikan. Capaian kami saat ini merupakan representasi dari kemampuan kinerja yang telah dilakukan. Kami juga optimis, di akhir tahun 2020, capaian kami akan 100%. Karena dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan lelang barang rampasan milik Kabupaten Sidrap, sehingga potensi capaian IKU lelang akan berwana hijau”, jelas Fredy. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya sedang melakukan terobosan baru dalam produktivitas lelang diantaranya melalui lelang sukarela.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatangan adendum Kontrak Kinerja tahun 2020 oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Kepala Bidang Piutang Negara, Kepala Bidang Lelang, dan Kepala Bidang Penilaian, serta seluruh Kepala KPKNL dengan disaksikan Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar. (Teks/Foto: Robi’ul Atri Duha/ Dwiyani Permatasari /Dwiyani Permatasari Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini