Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sebagai Pembina Upacara, Ini Pesan Kepala Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku Kepada Kemenkeu Satu Jayapura
Ridhan Lukmanul Hakim
Senin, 05 Juni 2023   |   29 kali

Jayapura, 1 Juni 2023 - Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya diadakan dengan khidmat di GKN Jayapura. Acara tahun ini, yang merupakan perayaan ke-76 dari kelahiran dasar negara Indonesia, dihadiri oleh jajaran Kemenkeu Satu Jayapura. Kepala Kantor Wilayah DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku, Wibawa Pram Sihombing, bertindak sebagai Pembina Upacara.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Senada dengan tema Hari Lahir Pancasila tahun ini, Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, Wibawa mengingatkan bahwa APBN yang kita kelola merupakan bentuk gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

"Rakyat Indonesia secara sadar dan bertanggungjawab melaksanakan kewajiban membayar pajak untuk bersama-sama membiayai pembangunan. Semangat rakyat untuk bergotong-royong melalui APBN harus terus dijaga dan ditumbuhkan dengan cara kita mengelola keuangan negara secara profesional, transparan dan akuntabel," pesan Kepala Kanwil dalam pidatonya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 diharapkan dapat membangkitkan semangat kebangsaan dan mengingatkan akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa yang lebih baik. Terlebih kepada seluruh jajaran Kemenkeu Satu Jayapura, Pembina Upacara mengakhiri pidatonya dengan mengingatkan pentingnya mengamalkan nilai-nilai pancasila terlebih sila kelima, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Keadilan sosial bukanlah sekadar slogan atau wacana, tetapi merupakan tujuan nyata dalam pembangunan yang harus diupayakan dengan sekuat tenaga. Melalui APBN dengan fungsi Alokasi, Distribusi, dan Stabilisasi, jajaran Kementerian Keuangan harus bekerja keras dan bergotong-royong mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.” ujar Wibawa Pram Sihombing.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila sebagai kegiatan simbolis untuk mengingatkan masyarakat akan makna dan nilai-nilai Pancasila. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini