Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungi GKN Papua, Wapres RI Perintahkan Pemerintah Setempat Bantu UMKM
Ridhan Lukmanul Hakim
Jum'at, 02 Desember 2022   |   339 kali

Jayapura – Wakil Presiden RI Maruf Amin berbincang kepada para pelaku UMKM terkait kendala yang dihadapi, peluang di masa depan dan memerintahkan pemerintah setempat untuk segera menindaklanjuti dan membantu para pelaku UMKM pada Selasa, (29/11) di  Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura. Acara yang dihadiri oleh para UMKM binaan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Himbara ini juga dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kredit usaha rakyat (KUR) secara simbolis kepada masyarakat yang didampingi oleh para direktur organisasi terkait.


Kehadiran Wapres RI dan rombongan sebagai bentuk tindak lanjut dari penetapan empat Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua dan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP).

Rangkaian kegiatan Wakil Presiden di GKN Jayapura meliputi Penyerahan Bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis dan Pameran UMKM, Peresmian Sekretariat BP3OKP atau Badan Pengarah Papua (BPP) dan Audiensi dengan Majelis Rakyat Papua (MRP), DPR Papua, Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), dan PCP serta Konferensi Pers.


Wapres juga meresmikan Sekretariat BPP di Lantai 4 dan 5, GKN Jayapura. Melalui pelepasan pita di ruangan kerja Sekretariat BPP dan pemukulan Tifa di lantai 8 GKN menandai hadirnya BPP di tanah Papua untuk memajukan Tanah Papua.


Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI menegaskan harmonisasi antar jalur struktural dan kultural perlu dilakukan demi  mewujudkan keberhasilan pembangunan di Papua. Acara ketiga, Wapres RI didampingi dengan Wamendagri RI dan Sekda Papua melakukan audiensi dengan pejabat dan tokoh masyarakat Papua. “Meski secara administratif terdapat perbedaan, tetapi Papua sebagai satu kesatuan budaya tetap terjalin dalam rumah besar, Tanah Papua. Papua tetap satu, tidak dipecah-pecah, Papua tetap satu, hanya pelayanan administratif (yang berbeda-red)," ujarnya.


Terakhir, sebelum meninggalkan GKN Jayapura, Wapres melakukan konferensi pers tentang kegiatan selama kunjungan ini. Setelah itu Rombongan Wapres langsung bertolak ke Bandara Sentani untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Pulau Papua.

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini