Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Resmikan GKN Jayapura, Menkeu: GKN Ada untuk Majukan Masyarakat dan Ekonomi Papua
Dimas Aditya Saputra
Sabtu, 27 November 2021   |   1129 kali

Jayapura – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meresmikan Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura pada Jumat, (26/11). Adanya GKN menjadi tempat atau wadah bagi unit-unit vertikal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bisa berada di dalam satu lokasi yang sama, sehingga akan bisa memberikan pelayanan yang makin terintegrasi.


“Kemenkeu keberadaannya di tanah Papua ini bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada terutama perekonomian di sini, sehingga kita bisa melihat perkembangan pembangunan dan perbaikan kesejahteraan dari masyarakatnya bisa berjalan cepat dan bisa kemudian dilihat secara nyata, secara akuntabel,” ungkap Menkeu.


Menkeu juga berpesan agar keberadaan GKN Jayapura tidak menjadi gedung asing di tengah masyarakat. “GKN memiliki tujuan sama yaitu memajukan masyarakat dan ekonomi Papua, sehingga peranan Kemenkeu dalam mendorong perekonomian di Papua terwujud,” ucapnya.


Selain itu, Menkeu juga menyampaikan bahwa pegawai Kemenkeu yang ditempatkan di tanah Papua merupakan pegawai yang terbaik, tetap menjaga protokol kerja dan protokol Kesehatan, melakukan kolaborasi, sinergi, bersikap professional, dan disiplin dalam bekerja, akuntabilitas tetap dipertahankan, serta tetap menjaga dan meningkatkan kompetensi.


Kedatangan Menteri Keuangan tersebut, disambut dengan tarian daerah asli suku Chaay Saiba dan penyematan mahkota khas Papua serta pengalungan noken yang dilakukan  langsung oleh Kepala Suku Chaay Saiba di depan pintu masuk GKN Jayapura.


Menkeu juga didampingi beberapa pejabat eselon I Kemenkeu yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi, Dirjen Pajak Suryo Utomo, Dirjen Bea dan Cukai Askolani, Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto, dan Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban.

Saat memasuki GKN, Menteri Keuangan menyempatkan diri mampir ke Area Pelayanan Terpadu (APT) setiap unit kantor vertikal Kementerian Keuangan di GKN Jayapura untuk menyapa seluruh pegawai maupun satker yang ada sampai dengan APT KPPN Jayapura yang berada satu lantai diatasnya.


Acara peresmian GKN Jayapura turut dihadiri oleh perwakilan tokoh dan pejabat Provinsi Papua yaitu Sekda Provinsi Papua Ridwan Rumasukun mewakili Gubernur Provinsi Papua, Wakil Walikota Jayapura Rustam Saru, serta Kepala Suku Chaay Saiba Marthen Chaay.


Sebagai informasi, GKN Jayapura memiliki sepuluh lantai. Seluruh instansi unit vertikal Kemenkeu yaitu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pajak, serta Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di wilayah Kota Jayapura akan memberi layanan di dalam area tersebut.


Mengusung gaya the new way of working dan memberikan sentuhan dekorasi daerah, ruang kerja yang berada di GKN menjadi ruang sinergi dan kolaborasi serta mendukung suasana kerja yang nyaman dan baik. (kli-kanwil papabaruku)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini