Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes To IAIN Sorong, KPKNL Sorong Sampaikan Pentingnya Pengelolaan Kekayaan Negara
Dimas Aditya Saputra
Jum'at, 25 Juni 2021   |   327 kali

Sorong – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sorong bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong mengadakan acara DJKN Goes to Campus dengan mengangkat tema “APBN dan Pengelolaan Barang Milik Negara” yang diselenggarakan di Labotarorium Penyiaran TV kampus IAIN Sorong dan diikuti peserta secara daring dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.


Acara diawali  dengan opening speech oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Papabaruku, Arif Bintarto Yuwono, dan dilanjutkan dengan keynote speech oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. Sedangkan yang menjadi narasumber yaitu Kepala KPKNL Sorong, Indra Eka Putra, dengan dipandu oleh moderator yakni Kepala Prodi Ekonomi Syariah IAIN Sorong, Arfandi SN, S.E., M.M.


Kepala Kanwil DJKN Papabaruku Arif Bintarto Yuwono menyampaikan detail tujuan pelaksanaan kegiatan DJKN Goes To Campus diantaranya yaitu, memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif terkait isu realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 dan isu APBN Tahun 2021 serta pemahaman terkait tugas dan fungsi DJKN, meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan kekayaan negara dalam perekonomian Indonesia serta pentingnya investasi pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional. Ia juga mengajak civitas akademika untuk ikut serta mengelola kekayaan negara dan menjaga aset negara.


Dalam sesi pemaparan materi, Kepala KPKNL Sorong Indra Eka Putra menyampaikan tentang kebijakan Belanja dan alokasi APBN Tahun 2021 serta korelasi APBN dengan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Selain itu, Ia juga menyampaikan fungsi BMN dalam penyelenggaraan pemerintahan, pentingnya pengelolaan BMN, siklus pengelolaan BMN, dan optimalisasi BMN untuk pelayanan publik serta sebagai revenue center melalui skema pemanfaatan BMN. “ Pengelolaan BMN ini sangat penting untuk pelayanan publik juga sebagai revenue center melalui skema pemanfaatan BMN,” ujarnya.


Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat lebih mengenalkan tugas dan fungsi DJKN khususnya terkait pengelolaan BMN kepada seluruh civitas akademika IAIN Sorong. (Tim KIHI Papabaruku)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini