Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Koordinasi dan Penggalian Potensi Lelang pada Pemerintah Kota Jayapura
Dimas Aditya Saputra
Jum'at, 02 Agustus 2019   |   179 kali

LELANG SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA JAYAPURA

JAYAPURA – (01/08/2019),  Pemindahtanganan Barang Milik Daerah merupakan salah satu tahapan dalam pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Salah satu bentuk pemindahtanganan  BMD adalah penjualan, dengan  tujuan optimalisasi BMD yang tidak digunakan, secara ekonomis lebih menguntungkan apabila dijual dan/atau pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan hal tersebut Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Papua, Papua Barat dan Maluku, melalui Bidang Lelang yang diwakili oleh Kepala Bidang Lelang, Aris Wibowo dan Kepala Seksi Bimbingan Lelang II, Frans Manobi melakukan koordinasi dan penggalian potensi Lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Daerah pada Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada Bidang Pengelolaan Aset Daerah.

Kepala Seksi Inventarisasi Aset Pemkot Jayapura, Nur Hikmah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan koordinasi yang dilakukan oleh Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku terkait pelaksanaan lelang BMD.

Nur Hikmah juga menyampaikan bahwa kunjungan tersebut berlangsung pada waktu yang tepat, dikarenakan Pemkot Jayapura sedang melaksanakan penertiban aset daerah atas arahan/permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penertiban dilakukan dan diutamakan atas aset tanah, tanah dan/atau bangunan serta kendaraan dinas operasional/jabatan yang ditatausahakan oleh Pemkot Jayapura.

Bahwa hasil inventarisasi awal, direncanakan sekitar 60 (enam puluh) kendaraan dinas operasional/jabatan yang akan dilakukan pemindahtanganan dengan penjualan melalui lelang. Oleh sebab itu, Pemkot Jayapura berencana akan melaksanakan kordinasi dengan KPKNL Jayapura terkait pengajuan penilaian dan permohonan lelangnya.

Aris Wibowo menyambut baik atas rencana pemindahtanganan dengan penjualan melalui lelang dimaksud dan akan mendukung penuh atas upaya tersebut. Untuk itu, Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku akan menyampaikan kepada KPKNL Jayapura terkait potensi lelang ini untuk segera ditindaklanjuti.

Mengakhiri kunjungan dimaksud, Nur Hikmah beserta staf dan Aris Wibowo beserta tim bersama-sama melihat salah satu kendaraan dinas yang berencana akan dilakukan pemindahtanganan dimaksud.

 

~(Tim Lelang Papabaruku)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini