Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Para Pimpinan Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku Menghadiri Rakernas DJKN 2019 di Jawa Tengah
Dimas Aditya Saputra
Sabtu, 27 Juli 2019   |   357 kali

JAYAPURA – (25/07/2019), Tahun ini Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan tahun 2019 berlangsung di 2 (dua) tempat yaitu di Semarang, tepatnya di Wisma Perdamaian, Semarang pada tanggal 23 Juli 2019 dan di Purwokerto pada tanggal 24 s.d. 27 Juli 2019.

Rakernas dibuka oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata dan beberapa pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan pada Selasa (23/7) di Semarang. Dalam kesempatan tersebut, Menkeu menyampaikan beberapa arahan, diantaranya:

1. Transformasi Digital

Menkeu sangat mendukung DJKN untuk melakukan investasi di bidang IT demi berjalannya Transformasi Digital di lingkungan DJKN dengan tetap mengutamakan model bisnis dan budaya organisasi DJKN agar tetap relevan dengan pencapaian organisasi. “Jadi advice saya kepada DJKN, tolong dalam mendesain ini proses bottom up melalui feedback dari bawah, memahami organisasi awal dan psikologis serta kulturalnya untuk kemudian meng-integrate dengan teknologi harus dilakukan, karena saya tidak ingin melakukan investasi yang mahal yang menjadi less relevan dengan pekerjaan dan cara kerja kita sehari-hari, dan bahkan kemudian tidak relevan dengan pencapaian organisasi”, pungkasnya.

2. Revaluasi BMN

Menkeu berharap agar proses Revaluasi Barang Milik Negara dapat diselesaikan tahun ini, “Revaluasi harus selesai tahun ini, harus saja, karena kalau anda tidak selesai tahun ini, anda tidak mungkin memiliki fondasi utk memikirkan tentang bagaimana proses pemanfaatan aset secara akuntabel”. Beliau juga berharap proses Revaluasi BMN di masa depan dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk men-digitalized seluruh aset negara yang ada di Indonesia serta dapat diakses secara geospasial.

3. Pemindahan Ibu Kota

Menkeu juga membahas tentang perpindahan ibu kota di masa yang akan datang. Menurutnya hal ini sama sekali bukanlah hal yang sepele, karena persiapannya tidaklah mudah dan butuh persiapan yang matang. “Bagaimana meng-acquire dan membangun aset di ibukota yang baru? Design-nya seperti apa? valuasinya seperti apa? Proses tukar guling kalau mau tukar guling seperti apa? Mekanismenya seperti apa? Harusnya sudah mulai memikirkan itu”, jelasnya.

4. Lelang

Tentang lelang, Menkeu bangga karena DJKN sudah memiliki proses lelang secara online di www.lelang.go.id, namun juga menegaskan pentingnya pengelolaan SDM. Beliau berpesan bahwa SDM tetap diatas teknologi, karena teknologi tidak dapat menggantikan Profesionalisme dan Integritas. It is the human resources yang menentukan seberapa jauh kita bisa berlari, seberapa tinggi kita bisa terbang dan seberapa besar kita bisa mencapai cita-cita impian kita, jadi pembangunan SDM-nya juga harus dijadikan hal yang utama dalam proses ini”, terang beliau.

            Mengakhiri pidatonya, Ibu Sri Mulyani berpesan, “Remember your imagination is your own limit, imajinasi Anda adalah batas anda sendiri. Jadilah orang yang mempunyai imajinasi luas dan menginspirasi semuanya, sehingga Indonesia benar-benar bisa meraih tujuan kita bernegara, menjadikan bangsa Indonesia adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat”.


Pada Rakernas DJKN tahun 2019 ini, Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku (Papabaruku) selaku Tim DJKN paling Timur Indonesia mengirimkan perwakilannya antara lain: Hermanu Joko Nugroho (Plt. Kakanwil DJKN Papabaruku), Tri Djoko Yulianto (Kabag Umum Kanwil DJKN Papabaruku), Yoshua Wisnungkara (Kepala KPKNL Ambon), Widiantoro (Kepala KPKNL Jayapura), Indra Eka Putra (Kepala KPKNL Sorong), dan Muthoharul Janan (Kepala KPKNL Biak).

Dalam kegiatan rakernas di Purwokerto terdapat acara diskusi yang terbagi dalam beberapa kelompok kerja (pokja). Widiantoro yang di daulat menjadi Ketua Pokja Klanting dengan topik Strategi dalam Implementasi Modern E-learning, berhasil mendapatkan penghargaan sebagai "Pokja Terbaik" dan "Ketua Pokja Inspiratif".

Di sela kegiatan Rakernas, Kanwil DJKN Papabaruku juga melakukan penandatanganan Kontrak Kinerja Komplemen bagi para Kepala Kantor yang baru. Kegiatan penandatangan Kontrak Kinerja ini dipimpin langsung oleh Hermanu selaku Plt. Kakanwil DJKN Papabaruku.

~(Tim Papabaruku)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini