Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menjaga Kualitas Penilai di Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku Melalui Verifikasi Kompetensi Penilai dan Pembinaan Penilai
Dimas Aditya Saputra
Kamis, 21 Maret 2019   |   184 kali

JAYAPURA - Dalam rangka menjaga kualitas Penilai di lingkungan Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku (Papabaruku), secara rutin diadakan verifikasi kompetensi dan pembinaan Penilai yang dilakukan oleh Direktorat Penilaian DJKN. Untuk mempersiapkan Penilai DJKN di wilayah Papabaruku dalam menghadapi verifikasi kompetensi Penilai, maka pada hari rabu, tanggal 13 Maret 2019, bertempat di aula Kanwil DJKN Papabaruku diadakan kegiatan Pra Verkom Penilai.

 

Kegiatan Pra Verkom Penilai tersebut dipimpin langsung oleh Nafiantoro selaku Kabid Penilaian. dalam kesempatan tersebut, Nafiantoro menyampaikan bahwa kegiatan Pra Verkom tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi Penilai, khususnya bagi Penilai yang akan mengikuti Verifikasi Kompetensi Penilai tahun 2019.  Dalam kegiatan Pra Verkom dimaksud, di lakukan knowledge sharing terkait konsep dasar ilmu Penilaian, Pendekatan Penilaian serta Analisis pasar properti. 

 

Hari berikutnya, yaitu pada hari Kamis, 14 Maret 2019, Tim dari Direktorat Penilaian mengadakan kegiatan pembinaan dan sekaligus Verifikasi Kompetensi (Verkom) Penilai di lingkungan Kanwil Papabaruku. Verkom sebagai tumpuan dalam pembekalan pengetahuan penilaian dan peningkatan kualitas kompetensi penilai yang lebih baik, tentunya menjadi salah satu IKU mandatori yang mengalami peningkatan target dari tahun ke tahun.  Hal ini, diupayakan agar Penilai Pemerintah memiliki peran penting dan strategis dalam penyajian informasi nilai Kekayaan Negara secara wajar, transparan, dan akuntabel untuk kepentingan pengambilan keputusan.

 

Sedikitnya ada 5 (lima) penilai yang secara administratif memenuhi syarat kepesertaan yang berasal dari Kanwil DJKN Papabaruku, KPKNL Jayapura, KPKNL Ambon, dan KPKNL Biak untuk mengikuti proses kegiatan Verkom yang dimulai dengan ujian tertulis, ujian pemaparan, dan kaji ulang laporan penilaian. Hal menarik dan berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, hadirnya terobosan edukasi pra verkom melalui aplikasi Elova (e-learning for DJKN valuers) dan pemaparan per individu, namun gelora perserta pun tidak pudar, justru sebagai penyemangat dalam mewujudkan atmosfer diskusi yang menarik, santai namun tujuan tercapai. 

 

Tim Penguji yang digawangi oleh srikandi dari Direktorat Penilaian dengan sapaan “Ibu Prima” dan “Ibu Iin”, terkadang terbuai oleh selingan celoteh pengalaman Tim Penilai saat bertugas “Penilaian” ke wilayah Papabaruku yang terkenal dengan kondisi geografis dan kearifan lokal yang berbeda di setiap wilayah.  Salah satu keunikan Papua adalah “Ondoafi/Ondofolo”, dikenal sebagai Kepala Adat yang memiliki kewenangan pelepasan Hak atas Tanah Adat, tanpa dokumen itu, pengakuan kepemilikan tanah tiada berarti.

 

Tak kalah menariknya “Sosialisasi Jafung dan Review atas Hasil Kaji Ulang Laporan Penilaian Kanwil DJKN Papabaruku”, peserta dengan antusias  menyimak persyaratan, prosedur, dan prospek Jafung Penilai meskipun arah jam telah menunjukan pukul 18.00 WIT.  Sesi ini juga sebagai bagian akhir dari rangkaian acara, dengan sebuah harapan dari ujung timur “Pace Nafi selaku Kabid Penilaian mengharapkan agar edukasi ke daerah lebih ditingkatkan agar penilai terbingkai dalam satu persepsi dalam memahami kebijakan penilaian yang bersifat dinamis. (17.bd.03)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini