Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu > Berita
PRODUK UMKM LOKAL MENUJU PASAR GLOBAL
Eddy Susanto
Selasa, 23 April 2024   |   45 kali

Plt. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Lampung dan Bengkulu R. Zulfi Meidiansyah mengikuti Focus Group Discussion (FGD) bertema Asistensi Ekspor  ke Australia bersama Atase Perdagangan Canberra Kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat pada hari Senin, 22/04/24.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Lampung Estty Purwandiani Hidayatie membuka FGD, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Atase Perdagangan KBRI di Canberra Australia, Direktur Xcelerate Janti Gunawan, Direktur Xcelerate Internasional, dan Komunitas Ekspor PPI Dunia.

Hadir dalam kegiatan ini segenap pelaku UMKM yang sudah sejak beberapa tahun terakhir bersinergi dengan Kementerian Keuangan Perwakilan Lampung. Agus Prayoga salah satu pelaku UMKM sektor craft (kerajinan) pemilik usaha bernama Ukir Lampung, salah satu yang hadir pada FGD menyampaikan pandangan dan harapan serta potensi yang dimilikinya yang menurutnya dapat di ekspor dan diterima di pasar internasional. “kegitan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami yang ingin meningkatkan pemasaran produk-pruduk kami.” Kata agus. Sejak tahun 2021 sinergi pemberdayaan UMKM bersama Kementerian Keuangan telah berlangusung. “informasi dan pemberdayaan UMKM untuk produk yang saya miliki sejak beberapa waktu lalu sudah didapatkan dari Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Lampung dan Bengkulu, kegiatan hari ini memberi gambaran yang lebih jelas tentang potensi ekspor dan semoga kedepannya usaha kami dapat lebih berkembang lagi.” Imbuh agus.

Keterangan tersebut disampaikan kepada Kepala Bidang Lelang Andri Asmara Jaya, Kepala Seksi Bimbingan Lelang II Kurniawan dan Anggota Pokja Pemberdayaan UMKM Lampung Ahmad Ibnu Hambal. “saya yakin produk UMKM saya akan diterima di pasar internasional dengan bekal pengetahuan yang saya dapat hari ini serta dengan asistensi  dari para nara sumber FGD serta Kementerian Keuangan”. Tutur Agus. (e/s)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini