Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu
BERITA UTAMA
Pagi hari itu, Selasa 10 April 2018, jam 06.15 tampak beberapa kelompok pegawai Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu beserta sebagian pegawai KPKNL Bandar Lampung, datang, berkemas dan bergegas menuju kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (
e-Auction DJKN
Info Lelang
Profil Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu


Sejarah Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu (Kanwil Lamkulu)

Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu terbentuk di tahun 2007 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal  Kekayaan Negara. Pada awal terbentuknya, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu memiliki nomenklatur yaitu Kanwil V DJKN Bandar Lampung, dengan lokasi kantor saat itu masih bergabung dengan kantor KP2LN Bandar Lampung di Jalan Basuki Rahmat Nomor 12, Bandar Lampung. Beberapa bulan kemudian, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu berpindah kantor di Jalan Tjipto Mangunkusumo, Bandar Lampung.

Sejak 2010 hingga saat ini,Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menempati gedung di Jalan Raden Intan Nomor 121 Bandar Lampung, yang dulunya merupakan eks Kantor Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI). Pada tahun 2012,atas dasar Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal  Kekayaan Negara, terjadi perubahan nomenklatur dari Kanwil V DJKN Bandar Lampung menjadi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Sejak pertama kali terbentuk, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu sudah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan. Di tahun 2007, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dipimpin oleh Subagijo hingga tahun 2008. Disusul kemudian oleh Tri Intiaswati (2008-2010), A. T. Hasbullah (2010-2012), Ischak Ismail (2012-2015), Thaufik (2015-2017), 2017 hingga saat ini dipimpin oleh Ekka S. Sukadana.

 

Visi dan Misi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu

Visi:

Menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat

Misi:

1.   Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara.

2.   Mengamankan kekayaan negara secara fisik,administrasi, dan hukum.

3.   Meningkatkan tata kelola dan nilai  tambah pengelolaan investasi pemerintah

4.   Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar  dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.

5.   Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien,  transparan, dan akuntabel.

6.   Mewujudkan lelang yang efisien, transparan,akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.



Wilayah Kerja Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu

1.      KPKNL Bandar Lampung, dengan wilayah kerja:

Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pesisir Barat

 

2.      KPKNL Metro, dengan wilayah kerja:

Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten TulangBawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Mesuji

3.      KPKNL Bengkulu, dengan wilayah kerja:

Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, Kabupaten Seluma, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara,Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Mukomuko

 

 

Motto Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu

TAPIS,yaitu

1.      Tepat:                Menerapkan prinsip tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat aturan dalam memberikan pelayanan. Tepat waktu berarti penyelesaian setiap layanan dilakukan sesuai dengan norma waktu dalam standar pelayanan. Tepat sasaran berarti pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan tujuan pelayanan. Tepat aturan berarti dalam pelaksanaan tugas selalu berpedoman pada aturan yang berlaku. Dengan menerapkan tiga “tepat” tersebut, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu berharap dapat menuju pada salah satu nilai Kementerian Keuangan yakni “Kesempurnaan”.

 

2.      Amanah:            Dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu senantiasa menjunjung tinggi kode etik dan dapat mempertanggungjawabkan kegiatan yang dilakukan. Prinsip “amanah” sejalan dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu “pelayanan”.

 

3.      Profesional:          Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu senantiasa memberikan pelayanan dengan penuh tanggungjawab, kesungguhan, dan komitmen untuk meningkatkan kinerja.

 

4.      Integritas:                 Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

5.    Sakai-Sambayan:  Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu senantiasa menjunjung kerjasama dan kekeluargaan antar pegawai dalam mencapai tujuan organisasi. Prinsip “kerjasama” sejalan dengan penerapan nilai Kementerian Keuangan yaitu “Sinergi”, baik antara sesama pegawai maupun dengan para stakeholder.

 

 

Inovasi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu



Manfaat utama inovasi ini adalah menurunnya penggunaan kertas dari tahun ke tahun yang selaras dengan menurunnya limbah kertas Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Hal ini jelas berdampak pada efisiensi penggunaan anggaran dan persediaan, serta turut berkontribusi pada upaya penyelamatan lingkungan (go green dan less paper).



Kegiatan knowledge sharing dari dan untuk para pejabat/pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu yang diadakan setiap hari Rabu. Manfaat dari sisi internal adalah sebagai bentuk peningkatan hard competency, sebagai bekal pengetahuan saat rotasi ke Bidang/Bagian lain, selain itu juga sebagai bentuk peningkatan softskill agar berani tampil berbicara di depan umum (public speaking).




Merupakan aplikasi berbasis Microsoft Excel yang merupakan gabungan dari aplikasi pada Subbagian Tata Usaha Rumah Tangga (TURT) terkait pembuatan surat tugas, aplikasi pada Subbagian Kepegawaian terkait penunjukan Pejabat Pelaksana Harian (Plh.), dan aplikasi pada Subbagian Keuangan terkait pembayaran perjalanan dinas pegawai.



Diambil dari bahasa Lampung yang berarti "bagus", SIKEP merupakan sebuah Tabel Pengawasan dan Pengendalian berbasis web sederhana (Google docs) atas output berupa Keputusan Menteri Keuangan maupun Surat Persetujuan Menteri Keuangan terkait berbagai layanan Pengelolaan BMN sesuai kewenangan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu.



Kiprah Kemasyarakatan


  •        Bhakti Sosial
  •        Seminar Pengelolaan
  • Donor Darah, dan sebagainya







Wilayah Kerja
Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu
Prestasi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu
DJKN Muda Best Delegate 2018
Liaison Officer IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018
Peringkat 3 Laporan Keuangan K/L Terbaik Tahun 2017 Tingkat UAPPA-W Provinsi Lampung
Peta Lokasi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu
Alamat Kantor
Jl. Raden Intan No. 121 Bandar Lampung
(0721) 242107
(0721) 242669
kanwilvdjkn@kemenkeu.go.id