Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu > Berita
Sosialisasi Laman Lelang.go.id Untuk Dukung UMKM Naik Kelas
Erna Kurniawati
Selasa, 12 September 2023   |   86 kali

Sejalan dengan tema Program UMKM Kemenkeu Satu untuk Tahun 2023 yaitu “Kemenkeu Satu mendukung UMKM tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia Maju”, pada hari Senin, tanggal 11 September 2023 Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu bersama dengan KPKNL Bandar Lampung mengadakan kegiatan sosialisasi Lelang kepada para pelaku UMKM di Wilayah Provinsi Lampung.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  merupakan salah satu usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan hukum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, dan  merupakan salah satu pelaku usaha yang berperan dalam pertumbuhan perekonomian nasional.

Kegiatan yang diadakan di Aula Batik Gabovira, Jalan Teuku Cik Ditiro A1 Nomor 1-2 Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung ini  diikuti oleh 20 (dua Puluh) pelaku UMKM yang tersebar di Propinsi Lampung serta bertujuan untuk menggali potensi lelang pada UMKM terutama di wilayah Propinsi Lampung, dan memberikan dukungan kepada para pelaku usaha untuk menggerakkan perekonomian nasional maupun perekonomian lokal, yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Lelang, Andri Asmara Jaya memperkenalkan tentang tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan khususnya DJKN, yang salah satunya adalah melaksanakan lelang. Bersama-sama dengan eselon I lainnya pada Kementerian Keuangan yang disebut Kemenkeu Satu, DJKN akan turut perpartisipasi aktif dalam pemberdayaan UMKM dengan terus meningkatkan potensi UMKM. Beliau juga berharap dengan sosialisasi ini para pelaku UMKM bisa mengenal penjulaan melalui lelang dan memasarkan produknya melalui laman lelang.go.id sebagai salah satu sarana pemasaran digital yang terpercaya, murah dan memiliki jangkauan yang luas.

Selaras dengan Andri Asmara Jaya, Gatot Kartiko sebagai salah satu pembina UMKM di Propinsi Lampung  sekaligus pemilik Batik Gabovira sangat mendukung dan memberikan semangat kepara para pelaku UMKM untuk melakukan penjualan secara digital melalui laman lelang.go.id agar UMKM bisa naik kelas.

Sebagai pemateri Wenny Yuliianti dan Maulana Aji,  menyampaikan tentang lelang noneksekusi sukarela terutama lelang produk UMKM, tata cara pembuatan akun lelang, kegiatan pra dan pasca lelang serta simulasi pengajuan permohonan lelang melalui lelang.go.id.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.30 s.d. 13.30 WIB tersebut diikuti secara aktif dan antusias,  hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta sosialisasi dan di akhir acara beberapa UMKM mengajukan permohonan lelang produk UMKM melalui lelang.go.id. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini