Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Festival UKMK Kemenkeu Satu Prov. Lampung; Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Pemberdayaan UKMK Berkelanjutan
Nofitri
Kamis, 20 Oktober 2022   |   161 kali

Kemenkeu Satu Lampung berkolaborasi dengan BPDPKS mengadakan kegiatan Kemenkeu Satu Sinergi dan Kolaborasi Pemberdayaan UKMK Berkelanjutan bertempat di Kantor Wilayah Pajak Lampung dan Bengkulu di Bandar Lampung pada tanggal 18 sampai 20 Oktober 2022. Kegiatan ini adalah salah satu upaya Kemenkeu Satu dalam mendorong penguatan UKMK dan mensosialisasikan kebijakan Kementerian Keuangan khususnya di Wilayah Lampung. Rangkaian kegiatan meliputi Seremoni Pembukaan, Pemilihan Muli Mekhani Sawit, Talk show sosialisasi limbah sawit untuk industry kreatif, Talk show seminar perpajakan, dongeng anak dan sawit, Sosialisasi minyak sawit merah, demo memasak dengan minyak sawit merah, lomba menggambar dan mewarnai terkait sawit, Cerdas cermat APBN dan Kelapa Sawit, dan Kemenkeu Got Talent serta Fun Bike.

Dalam kegiatan ini ditampilkan booth Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) binaan kantor perwakilan Kementerian Wilayah Lampung dan BPDPKS, atara lain Booth DJPB, DJKN, DJBC, DJP, Dekranasda Lampung, POPSI, Booth Kemenkeu satu dan Booth Himbara.

                 Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit memiliki misi dalam menjalankan kebijakan Pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan , dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel, untuk kepentingan:

a)    Pengembangan Sumber Daya Manusia;

b)    Penelitian dan Pengembangan;

c)    Promosi;

d)    Peremajaan;

e)    Sarana dan Prasarana;

f)     Pemenuhan Kebutuhan Pangan;

g)    Hilirisasi Industri Perkebunan Kelapa Sawit;

h)    Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati.

Kinerja BPDPKS didasarkan pada kemampuan menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana. Dana yang disalurkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kinerja sektor sawit Indonesia. Dalam struktur organisasi BPDPKS juga terdapat direktorat yang memilliki tugas dalam menjalankan kegiatan kemitraan.  Salah salah satunya adalah menjalankan  fungsi kemitraan dengan (UKMK) Usaha Kecil Menengah dan Koperasi.

                 Pembukaan Festival UKMK Kemenkeu Satu Provinsi Lampung, Selasa (18/10) dilaksanakan Pembukaan Festival UKMK Kemenkeu Satu Provinsi Lampung, berlokasi di Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung. Mengusung tema “Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Pemberdayaan UKMK Berkelanjutan”, Dalam Seremoni pembukaan dihadiri oleh Gubernur Lampung (Arinal Djunaidi), Staf Ahli Kemenkeu Bidang Penerimaan Negara (Oza Olavia), Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Lampung (Mohammad Dedy Fachrudin), Plt. Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Direktur KUKMR BPDPKS (Zaid Burhan Ibrahim), Para Bupati di Provinsi Lampung, Perwakilan Universitas, Asosiasi Petani Kelapa Sawit, dan UKMK wilayah Lampung. Kegiatan dilanjutkan dengan Pemilihan Muli Mekhani Sawit, yang diikuti oleh pegawai di Lingkungan Kantor Perwakilan Kemenkeu Provinsi Lampung. Dengan berbalut busana khas lampung, Muli Mekhani diseleksi dan dipilih menjadi yang terbaik.

                 Rabu (19/10) dilaksanakan hari kedua Festival UKMK Kemenkeu Satu Provinsi Lampung. Acara diawali dengan Pengenalan Nutrisi Minyak Sawit Merah yang dipaparkan oleh DR. Donald Siahaan, Peneliti PPKS Medan, dilanjutkan pemaparan Ibu Kusuma Santi Wahyuningsih, S.E., M.Ec, Tenaga Pengkaji Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai. Acara selanjutnya adalah demo memasak dengan Minyak Sawit Merah oleh Chef Denny, dilanjutkan dengan Lomba Memasak dengan salah satu bahannya yaitu minyak sawit merah. Setelah istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan Tema: Anak & Sawit, diawali dengan dongeng anak & sawit, lalu dilanjutkan dengan lomba menggambar/mewarnai Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

                 Rabu (19/10) dilaksanakan hari ketiga sekaligus hari terakhir Festival UKMK Kemenkeu Satu Provinsi Lampung. Acara diawali dengan Kegiatan Fun Bike yang diikuti oleh Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Kanwil DJBC Sumbagbar, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, dan Kanwil DJPb Prov. Lampung. Acara selanjutnya adalah Penyerahan Bansos Kemenkeu Satu secara simbolis kepada 5 panti asuhan dan yayasan sosial di Lampung. Setelah istirahat sejenak, dilanjutkan dengan acara Live Lelang Amal oleh KPKNL Bandar Lampung, yang hasil dari lelang nantinya akan disampaikan pada panti asuhan dan yayasanan sosial pada peringatan hari oeang. Acara dilanjutkan setelah istirahat siang, dengan Kemenkeu Got Talent: Stand Up Comedy dan Pentas Seni sekaligus menutup acara Festival UKMK Kemenkeu Satu Provinsi Lampung.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini