Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Webinar Pelatihan Penulisan Artikel: Tulis Saja, Kapan Lagi?
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Kamis, 14 Mei 2020   |   250 kali

SamarindaKanwil DJKN Kaltimtara menyelenggarakan webinar pertamanya dengan tajuk “Pelatihan Penulisan Artikel”pada Kamis (14/05).

                Pandemi COVID-19 dengan segala keterbatasan ruang gerak yang ditimbulkannya tidak menghalangi pegawai lingkup Kanwil DJKN Kaltimtara untuk terus belajar. Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, para pegawai Kanwil DJKN Kaltimtara bahkan tetap bisa mengadakan webinar pertamanya dengan menggunakan media ZOOM yang namanya mulai meroket sejak pandemi berlangsung.

                Webinar bertajuk Pelatihan Penulisan Artikel ini diselenggarakan pada Kamis (14/05) dengan diikuti oleh seluruh pegawai dari perangkatnya masing-masing. Adalah Nilam Rakhmawati, pelaksana pada Biro KLI Setjen Kemenkeu yang didapuk sebagai narasumber pada webinar kali ini. Nilam menjelaskan prinsip-prinsip dalam menulis artikel, di antaranya berupa kebaruan tema (novelty), kesesuaian topik dengan concern Kemenkeu, serta keseimbangan bahasa teknis (jargon) dan bahasa umum KBBI.

Tema boleh beririsan dengan K/L lain sepanjang masih menonjolkan porsi Kemenkeu. Lulusan S2 University of Queensland Australia ini menekankan pula pentingnya standpoint kita sebagai penulis artikel sekaligus sebagai pegawai Kemenkeu. “Sebagai bagian dari pemerintahan, opini kita tentu harus netral, atau pro dalam konteks menyosialisasikan kebijakan pemerintah dan menyebarkan optimisme kepada masyarakat.”

                Tidak berhenti pada teori semata, webinar juga dilanjutkan dengan pelatihan penulisan artikel oleh setiap pegawai. Artikel tersebut kemudian dibacakan untuk kemudian direview bersama-sama dengan narasumber, sehingga para pegawai dapat mengevaluasi dan melakukan perbaikan terhadap artikelnya masing-masing. Webinar ini diharapkan membantu pegawai untuk semakin familiar dan fasih dengan gaya penulisan artikel web Kemenkeu. Jadi, ayo tulis saja, kapan lagi? (Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini