Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara > Berita
Dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), Pegawai Harus Mempunyai Mental dan Mindset Ibukota
Eva Nuryani
Kamis, 19 Oktober 2023   |   158 kali

Bontang, (19/10), Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Jose Arif Loekito, berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke KPKNL Bontang pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023. Kunjungan diawali dengan kegiatan  tour office untuk  meninjau penerapan Activity Base Workplace (ABW)  yang dilakukan oleh KPKNL Bontang pada Tahun 2023 ini. Didampingi oleh Kepala KPKNL Bontang, Harist Syafiuddin, serta para pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Kanwil DJKN Kaltimtara, Jose menyampaikan bahwa penataan ruang kerja yang sudah sangat memadai untuk menunjang berbagai aktivitas dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi hendaknya diikuti dengan peningkatan inovasi dan kreativitas pegawai sehingga kinerja pegawai menjadi lebih baik.

Selanjutnya, bertempat di Ruangan  Aula KPKNL Bontang,  dilakukan presentasi mengenai langkah-langkah KPKNL Bontang dalam melakukan pencapaian target dan prognosa pencapaian target kinerja sampai akhir Tahun 2023. Acara kemudian dilanjutkan dengan arahan kepada semua pegawai KPKNL Bontang oleh Kepala Kanwil. Beberapa arahan yang disampaikan antara lain terkait arahan yang pernah disampaikan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, yaitu agar pegawai yang berada di sekitar Ibu Kota Nusantara saat ini harus mempersiapkan mental dan mindset sebagai pegawai Ibukota dan selalu mengikuti perkembangan pembangunan di IKN. Sebagai bagian dari Pemerintah, pegawai KPKNL Bontang harus bisa ikut menggaungkan ke masyarakat bahwa saat ini pembangunan IKN sudah sesuai dengan harapan. Beliau juga menyampaikan beberapa perkembangan pembangunan IKN saat ini termasuk rencana kepindahan para pegawai Kementerian Keuangan ke IKN pada Tahun 2024.

Terakhir Jose berpesan agar para pegawai  diharapkan bisa sebagai role model karena sejak Tahun 2022, seluruh KPKNL di lingkup Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara sudah meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pada kunjungan ke Kota Bontang kali ini, Kepala Kantor Wilayah DJKN Kaltimtara juga berkesempatan berkunjung ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bontang dan bertemu dengan Kepala BPKAD, Sony Suwito Adicahyono. Pada pertemuan tersebut, Sony menyampaikan bahwa kerja sama antara BPKAD Kota Bontang dan KPKNL Bontang sudah terjalin dengan sangat baik terutama untuk pelayanan pengelolaan Barang Milik Daerah terkait penilaian dan lelang. Selanjutnya Jose mengenalkan DJKN c.q. KPKNL sebagai Pengelola BMN dan juga mengenalkan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebagai Badan Layanan Umum dibawah pembinaan DJKN yang salah satunya mengelola aset pada PT Badak LNG. Jose juga menyampaikan perkembangan IKN yaitu bahwa saat ini sedang disusun RUU bahwa Pengelola BMN pada Otorita IKN akan diserahkan langsung kepada Otorita IKN. Pemda Kota Bontang sebagai salah satu daerah penyangga IKN juga harus bersiap untuk menghadapi perubahan terkait pemindahan Ibukota Negara ini. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Juanda No. 6, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur 75124
(0541) 4113344
(0541) 4113779
kanwildjkn13@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini