Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kedai Lelang DJKN Dukung Kebangkitan Sektor UMKM, Sebuah Dialog Kolaborasi Antara Kanwil DJKN Kaltimtara, KPKNL Bontang dan RRI Samarinda
Eva Nuryani
Rabu, 14 Juni 2023   |   76 kali

Samarinda (14/6), Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara dan KPKNL Bontang berkolaborasi dengan RRI Samarinda dalam Acara Halo Kaltim yang disiarkan secara langsung melalui frekuensi 97,6 FM pada hari Rabu, 14 Juni 2023. Dialog interaktif yang mengambil tema Kedai Lelang DJKN Dukung Kebangkitan Sektor UMKM ini menghadirkan Narasumber Pelelang Ahli Pertama KPKNL Bontang, Chandra Endria Cipta Prayoga dan Ibu Lilis Suryani, pelaku UMKM yang merupakan Pengrajin Batik Tulis Kalimantan.

Pada awal dialog Chandra memperkenalkan KPKNL sebagai salah satu unit vertikal di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan dengan bidang tugas meliputi pengelolaan kekayaan negara, pelayanan penilaian, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang. Selanjutnya Chandra menyampaikan bahwa Kedai Lelang merupakan penugasan dari Kementerian Keuangan kepada seluruh unitnya yang dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang berdampak kepada pelaku UMKM melalui Program Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu. Hal ini mengingat bahwa Pelaku UMKM merupakan penyerap tenaga kerja dan juga penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar.

Melalui Kedai Lelang, KPKNL mendukung pelaku UMKM mulai dari hulu sampai ke hilir yang dimulai dari tahap produksi, misalnya dengan membantu UMKM bagaimana cara mengurus izin produksi, BP POM, menjaga agar kuntinuitas produknya bisa tetap stabil dan membantu pemasaran produk UMKM melalui lelang pada platform lelang.go.id. Pemasaran melalui lelang.go.id ini dilakukan dengan memaksimalkan pengguna lelang.go.id agar tertarik pada produk UMKM selain pada produk lain yang biasa dibeli melalui lelang.go.id seperti properti, kendaraan dan sebagainya.

Chandra juga mengungkapkan bahwa kegiatan Kedai Lelang yang telah diselenggarakan sejak Tahun 2020 ini mendapat animo yang cukup besar dari masyarakat terhadap produk UMKM yang berasal dari Kalimantan Timur. Hal tersebut terbukti dengan penjualan produk  44 Pelaku UMKM. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya saat ini adalah masih mahalnya ongkos kirim dari Kalimantan Timur.Hal ini akan segera diatasi dengan kerja sama antara Kantor Pusat DJKN dengan PT Pos Indonesia. Selain melalui lelang, kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka Kedai Lelang di Kalimantan Timur antara lain mengadakan  Bazaar UMKM dan mengumpulkan pelaku UMKM untuk diarahkan dan dan didorong untuk memasarkan produknya melalui lelang.

Hadir dalam Dialog Interaktif tersebut pelaku UMKM Batik Tulis Kalimantan, Ibu Lilis menyampaikan tentang kemudahan yg didapat ketika memasarkan produknya melalui Kedai Lelang.

Selanjutnya pada dialog yang mendapat respon positif dari para pendengar RRI Samarinda ini berlangsung tanya jawab yang menarik dan interaktif. Menanggapi pertanyaan dari salah satu pendengar terkait kesesuaian tampilan produk berupa batik yang dijual melalui lelang dengan aslinya, Chandra menyampaikan bahwa platform lelang.go.id dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Produk-produk  yang dipasarkan melalui lelang.go,id telah melalui proses verifikasi terkait identitas penjual lelang serta kontak person penjual lelang untuk memastikan keadaan produk yang ditayangkan dalam lelang.go.id telah sesuai baik melalui video maupun mendatangai toko secara langsung.

Program UMKM yang difasilitasi melalui lelang antara lain adanya pembebasan bea lelang UMKM, penawaran tanpa melalui penyetoran uang jaminan lelang, fitur lelang.go.id yang user friendly dan adanya perpanjangan masa tayang pada lelang.go.id selama 3 kali tayang, pungkas Chandra melalui closing statement-nya. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini