Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Stakeholder Gathering, Lelang Indonesia menuju Pasar Lelang Dunia
Mahdi
Senin, 03 April 2023   |   88 kali

Samarinda – Rangkaian gelaran Penganugerahan Reksa Bandha Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara pada Kamis (30/03) di Aula Harmonis Gedung Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara ditutup dengan kegiatan stakeholder gathering yang diikuti oleh para Pimpinan dan Pejabat Pemangku Kepentingan serta masyarakat penerima Anugerah tersebut. Momen pertemuan dengan para Pemangku Kepentingan ini menjadi kesempatan bagi Kanwil DJKN Kaltimtara untuk meningkatkan kualitas layanan publik melalui komunikasi dua arah dengan saling berdialog, berdiskusi, bertukar opini, serta penyampaian saran.

Mengusung tema “Kolaborasi Insan Lelang Indonesia menuju Pasar Lelang Dunia”, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengajak para stakeholder di lingkup Kanwil DJKN Kaltimtara mengetahui peran lelang dalam perekonomian nasional yakni membantu pemulihan keuangan negara dan penegakkan hukum, mendukung penyelesaian non performing loan, dan membantu menggerakkan roda perekonomian.

Sesi stakeholder gathering ini merupakan salah satu rangkaian peringatan 115 tahun lelang di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 Februari. Hadir Kepala Bidang Lelang Rusmawati dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan Yoshua Wisnungkara sebagai narasumber dalam sesi tersebut yang juga di moderatori oleh Kepala Bidang Piutang Negara Andi A. Rivai.

Rusmawati menyampaikan beberapa terkait dukungan lelang dalam membantu perekonomian nasional yaitu pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Adapun dukungan lelang pada UMKM yaitu 1) sebagai alternatif saluran pemasaran produk UMKM melalui lelang online dapat mengglobal; 2) pendampingan UMKM yang mepiluti permohonan, pemasaran, dan pelatihan; 3) portal lelang Indonesia www.lelang.go.id mempunyai segmen pasar berbeda dengan platform jual beli biasa.

“Beberapa kemudahan lelang UMKM yaitu extended auction atau tetap tayang jika belum laku, lelang tanpa uang jaminan, pelaksasi bea lelang UMKM s.d. 0 persen, dan fitur khusus produk UMKM pada laman lelang.go.id” jelas Rusma.

Lebih lanjut, Rusma menjelaskan bahwa pasar bisnis dunia bakal meningkatkan peluang-peluang baru, selain itu akan ada peluang membuat pasar saham atau pasar bebas yang diolah dengan mekanisme Pelelangan.

Produk lokal khas Kalimantan yang menjadi sasaran pasar dunia dimaksudkan adalah produk olahan/turunan sawit, hasil komoditas lada kalimantan timur dan hasil tambah mineral seperti batubara. Mengingat Indonesia adalah produsen utama dunia untuk produk tersebut maka sudah saatnya lelang melalui wadah bursa komoditas andalan menjadi jawaban untuk mekanisme jual belinya.   

Selain itu, sebagai bentuk dukungan DJKN Kaltimtara ke pemerintah daerah dalam peningkatan pengelolaan aset BMD khususnya pemanfaatan dalam bentuk sewa, DJKN Kaltimtara mensosialisasikan lelang “hak menikmati barang”. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat mendukung menciptakan iklim investasi asing yang bagus di daerah penyangga IKN melalui pengelolaan aset yang lebih akuntabel.

Tak hanya membahas terkait peran lelang, dalam sesi tersebut juga disampaikan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholder, terutama bagi KPKNL yang berhadapan langsung dengan pengguna layanan. Yoshua menyampaikan layanan yang diberikan pada KPKNL terdapat tiga jenis layanan utama yaitu pengelolaan kekayaan negara, pelayanan piutang negara, dan layanan lelang.

“Kami seluruh KPKNL dan Kanwil DJKN Kaltimatara mohon dukungan untuk menjalin hubungan kerja yang professional, akuntabel, berintegritas dengan tidak memberikan bentuk segala jenis gratifikasi, hadiah, dan parsel atau bingkisan atas pelayanan yang kami berikan” ungkap Yoshua. (ard)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini