Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berikan Apresiasi kepada Satker, Kanwil DJKN Kaltimtara Selenggarakan Penganugerahan Reksa Bandha
Arum Ratna Dewi
Kamis, 30 Maret 2023   |   82 kali

Samarinda – Berikan apresiasi kepada para Satuan Kerja di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara menyelenggarakan Penganugerahan Reksa Bandha pada Kamis (30/03) di Aula Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Dalam rangka meningkatkan intimacy dengan para stakeholder, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara bersama para KPKNL dibawahnya menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk memberikan apresiasi kepada stakeholder atau satker sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama dan kolaborasi yang telah terjalin dengan baik serta satker yang berkinerja terbaik tahun 2022.

Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini memiliki 20 kategori penghargaan yang terdiri dari Kategori Kolaborasi Penilaian BMN Terbaik, Kategori Kolaborasi Penilaian BMD Terbaik, Kategori Pemohon Lelang Eksekusi  Ps 6 UUHT  Kategori 1 Terbaik, Kategori Pemohon Lelang Eksekusi  Ps 6 UUHT  Kategori 2 Terbaik, Kategori Pemohon Lelang Noneksekusi Wajib BMN Terbaik, Kategori Pemohon Lelang Noneksekusi Wajib BMD Terbaik, Kategori Pemohon Lelang Sukarela Produk UMKM Terbaik, Penghargaan Mitra Kolaborasi Lelang atas Kontribusi PNBP Lelang, Penghargaan Mitra Kolaborasi Lelang atas Penerbitan e-SKPT, Kategori Penyerah Piutang Terbaik lingkup Kementerian/Lembaga, Kategori Penyerah Piutang Terbaik lingkup Pemerintah Daerah, Kategori Media Partner Penyaji Informasi dan Edukasi Tusi DJKN Teraktif, Kategori Media Partner Penyaji Karya Liputan Terbaik, Kategori Satker Korwil dengan perolehan PNBP Pemanfaatan Aset Terbesar, Kategori Satker Korwil dengan Optimalisasi BMN Terbaik, Kategori Satker dengan Capaian Penyelesaian Sertifikasi BMN Terbanyak, Kantor Pertanahan dengan Jumlah penyelesaian Program Sertifikasi BMN Terbanyak, Kategori BLU dengan perolehan PNBP bersumber dari Pengelolaan Aset Terbesar, Penghargaan atas dukungan dan Kerja Sama Program Percepatan Sertifikasi BMN Berupa Tanah, dan Penghargaan atas dukungan dan Kerja Sama dalam Program Peningkatan PNBP melalui Penjualan Aset Barang Rampasan.

“Penghargaan tersebut tidak hanya diberikan kepada satuan kerja lingkup Kemneterian/Lembaga tetapi juga pemerintah daerah dan kalangan perbankan mitra DJKN” jelas Ketua Tim Reksa Bandha Sutarno.

Sebanyak 48 perwakilan satker penerima penghargaan hadir secara luring, dan sebagian menyaksikan melalui media Zoom Meeting dan Youtube streaming. Selain pemberian apresiasi, kegiatan tersebut juga menyelenggarakan stakeholder gathering sebagai salah satu kesempatan para stakeholder menyampaikan masukan sekaligus evaluasi atas layanan yang telah di berikan oleh Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara.

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara Kusumawardhani mengharapkan kerja sama yang telah terjalin melalui kegiatan tersebut dapat terus ditingkatkan dan bersama-sama menegakkan integritas, serta menjadi lebih baik lagi guna mewujudkan pengelolaan asset yang optimal dan pelaksanaan lelang berkelas dunia.

“Kami yakin bahwa tanpa dukungan semua pihak, pengelolaan asset yang optimal tidak dapat terwujud. Oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara atas support dan kolaborasinya dalam pelaksanaan tusi kami” ungkap Kusumawardhani.

Selain sebagai pemberian apresiasi atas kolaborasi satker yang ada di lingkup Kanwil DJKN Kaltimtara, Penganugerahan Reksa Bandha juga dilaksanakan dalam rangkaian peringatan 115 tahun lelang Indonesia yang mengusung tema “Insan Lelang Indonesia Menuju Pasar Lelang Dunia”.  

Memanfaatkan momen tersebut Kanwil Kaltimtara mengajak seluruh Insan Lelang Indonesia maupun stakeholder  di lingkup Kaltimtara untuk berkolaborasi menguatkan produk lokal andalan produksi UMKM setempat untuk dipromosikan dalam program ekpor Kemenkeu-One dan lelang dengan target pasar dunia, sebagaimana dipaparkan oleh Kepala Bidang Lelang kanwil DJKN Kaltimtara Rusmawati Damarsari pada sesi Stakeholder Gathering.

Pasar bisnis dunia bakal meningkatkan peluang-peluang baru, selain itu akan ada peluang membuat pasar saham atau pasar bebas yang diolah dengan mekanisme Pelelangan” ujar Rusma.

Produk lokal khas Kalimantan yang menjadi sasaran pasar dunia dimaksudkan adalah produk olahan/turunan sawit, hasil komoditas lada kalimantan timur dan hasil tambah mineral seperti batubara. Mengingat Indonesia adalah produsen utama dunia untuk produk tersebut maka sudah saatnya lelang melalui wadah bursa komoditas andalan menjadi jawaban untuk mekanisme jual belinya.   

Selain itu, sebagai bentuk dukungan DJKN Kaltimtara ke pemerintah daerah dalam peningkatan pengelolaan aset BMD khususnya pemanfaatan dalam bentuk sewa, DJKN Kaltimtara mensosialisasikan lelang “hak menikmati barang”. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat mendukung menciptakan iklim investasi asing yang bagus di daerah penyangga IKN melalui pengelolaan aset yang lebih akuntabel. (ard/mfs)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini