Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Goes to Campus, Ajak Mahasiswa kenal Pengelolaan APBN
Arum Ratna Dewi
Kamis, 02 Maret 2023   |   193 kali

Samarinda – Mengusung kolaborasi Kemenkeu Satu, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara bersama Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Kemenkeu Goes to Campus dan Bazaar UMKM yang dilaksanakan di GOR 27 September Universitas Mulawarman pada Rabu (1/3).

Mengundang sebanyak 300 mahasiswa/i Universitas Mulawarman dalam kuliah umum atau talkshow interaktif dengan tema “Sinergi APBN dan UMKM untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi”. Adapun talkshow interaktif tersebut disampaikan oleh narasumber dari Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur dan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara terkait pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), pemberdayaan Usaha Menengah, Kecil, dan Makro (UMKM) serta peran Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam APBN.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur M. Syaibani menyampaikan rasa bahagianya dapat bertemu dengan generasi penerus bangsa di Universitas Mulawarman. Begitu pula yang disampaikan oleh Rektor Universitas Mulawarman Abdunnur juga menyampaikan terima kasih kepada perwakilan Kemenkeu Kalimantan Timur dengan terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Agenda ini sangat penting bagi kita semua, khususnya bagi para mahasiwa/i. Sehingga mahasiswa tak sekadar belajar di dalam kelas, namun juga mendapat pengetahuan dari penyampaian secara langsung terkait pengelolaan APBN dari para narasumber” ujar Abdunnur.

Selain talkshow interaktif, mahasiswa diajak mengikuti simulasi lelang yang dilaksanakan secara tatap muka atau konvensional, tampak para mahasiswa sangat bersemangat dalam memberikan tawaran tinggi. Selai itu, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan bazaar UMKM dan pasar sembako murah yang dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar. Bazaar UMKM tersebut mengajak sebanyak 35 UMKM yang berasal dari binaan Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Universitas Mulawarman, dan PT PNM. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal Kalimantan Timur agar semakin berdaya dan naik kelas. (ard/mfs)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini