Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Piutang Daerah, Kepala BPKAD: Piutang itu Menarik
Arum Ratna Dewi
Selasa, 14 Februari 2023   |   90 kali

Balikpapan - Dalam rangka memberikan wawasan dan pemberian bimbingan teknis kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pemerintah Daerah Kab. Paser dalam hal pengelolaan Piutang Daerah, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara berkolaborasi dengan KPKNL Balikpapan melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten  Penajam Paser Utara, Pemerintah Daerah Kab. Paser sekaligus melakukan pembinaan  pada KPKNL Balikpapan pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2023.

Bertempat di Penajam Suite Hotel Komplek Islamic Centre, kegiatan pemberian wawasan dan bimbingan teknis kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser dalam hal pengelolaan/pengurusan Piutang Daerah Dasar berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh para peserta kegiatan sosialisasi.

“Piutang itu menarik”, demikian ungkapan dari Kepala BPKAD Penajam Paser Utara Tur Wahyu Sutrisno dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi, karena begitu banyak cara dan upaya yang sudah dilakukan dalam penagihannya, demi mempercepat penerimaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), yang kelak hasilnya juga akan kembali pada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.

Dalam kegiatan ini dilakukan pembinaan teknis kepada seksi Piutang Negara KPKNL Balikpapan, untuk melakukan penggalian potensi piutang daerah di wilayah kerja KPKNL Balikpapan dilanjutkan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser yang bertempat di KPKNL Balikpapan dan melakukan sosialisasi Pengelolaan Piutang Daerah dan Tata Cara Penghapusan Piutang di Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kanwil DJKN Kaltimtara berkolaborasi dengan KPKNL Balikpapan melakukan kunjungan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam rangka Sosialisasi Pengelolaan Piutang Daerah dan Tata Cara Penghapusan Piutang. Kegiatan dilakukan dengan memberikan pengetahuan dan informasi terkait dengan pengurusan dan pengelolaan piutang dari awal penyerahan sampai dengan tahap penghapusan, baik piutang yang dapat diserahkan kepada PUPN maupun piutang yang tidak dapat diserahkan kepada PUPN.

Dengan kegiatan ini diharapkan stakeholder dari pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dapat melakukan penataan dan pengarsipan dokumen piutang secara baik, untuk memudahkan proses pengurusan sampai dengan penghapusan piutangnya dan KPKNL Balikpapan selalu melakukan koordinasi dengan stakeholder yang ada di wilayah kerjanya untuk melakukan penggalian potensi piutang macet yang belum diserahkan. (Nelawati/Bidang PN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini