Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dorong Kinerja Optimal, Kanwil DJKN Kaltimtara Sosialisasikan Peraturan Pejabat Lelang Kelas II
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Kamis, 18 Juli 2019   |   162 kali

SamarindaPara Pejabat Lelang Kelas II mengikuti Sosilaisi Peraturan Lelang Pejabat Lelang Kelas II yang diadakan oleh Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara.

Sosialisasi diselenggarakan pada hari Kamis (18/7), diinisiasi oleh Bidang Lelang sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi Pejabat Lelang Kelas II. Bertempat di mess Kanwil DJKN Kaltimtara, sosialisasi dibuka pukul 09.00 WIB dengan sambutan dan pengarahan oleh Arif Yuliono Kepala Seksi Bimbingan Lelang I, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pre-test lelang yang bertujuan untuk mere-fresh kembali pengetahuan tentang lelang. Sesi berikutnya adalah sosialisasi mengenai Tata Cara Pelaksanaan Lelang Noneksekusi Sukarela yang dibawakan oleh Putu Taufani Kepala Seksi Lelang II. “Pejabat Lelang Kelas II berwenang melaksanakan lelang noneksekusi sukarela atas permohonan balai lelang atau penjual,” terangnya.

Menyambung penjelasan dari Putu Taufani, Arif Yuliono mensosialisasikan tentang Risalah Lelang sesuai Perdirjen 05/2017. Risalah Lelang adalah berita acara pelaksanaan lelang yang dibuat oleh Pejabat Lelang yang merupakan akta otentik dan mempunyai kekuatan pembuktian sempurna. “Risalah Lelang terdiri dari kepala, badan, dan kaki risalah lelang. Setiap pelaksanaan lelang wajib dibuat Risalah Lelang. Jika lelang dibatalkan sebelum pelaksanaan lelang, tidak perlu dibuat risalah lelang.”

            Sosialisasi sesi terakhir diberikan oleh Satria, pelaksana pada Seksi Bimbingan Lelang, yang menjelaskan penggunaan aplikasi file sharing Dropbox sebagai sarana pelaporan bagi Pejabat Lelang II.  Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat proses penyampaian laporan oleh para Pejabat Lelang, baik Kelas I ataupun Kelas II, serta meningkatkan akurasi data per periode laporan, karena kemampuan aplikasi ini untuk meng-capture kinerja Pejabat Lelang secara real time. Selain meningkatkan kompetensi, acara ini juga dimaksudkan untuk mendorong kinerja Pejabat Lelang Kelas II melalui penggalian potensi lelang secara terus-menerus. (Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini