Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara > Berita
Surya Hadi: Munculkan Ide Kreatif dan Inovatif Untuk Mencapai Target IKU
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Jum'at, 08 Februari 2019   |   248 kali

Samarinda, Kanwil DJKN Kaltimtara, para Kepala KPKNL, beserta jajaran eselon III dan IV bersama-sama merancang strategi untuk mencapai target IKU 2019 di wilayah Kalimantan Timur dan Utara.

Suasana di ruang rapat Kanwil DJKN Kaltimtara pada Jumat (8/2) pagi ini terlihat lebih ramai dari biasanya. Para kepala KPKNL serta pejabat eselon 3 dan 4 wilayah Kalimantan Timur dan Utara tampak memasuki ruangan rapat satu-persatu. Ya, hari ini para pimpinan akan bertemu dalam rapat untuk merancang strategi guna mencapai target IKU di tahun 2019. Rapat yang diinisiasi oleh Kanwil DJKN Kaltimtara ini diawali dengan berdoa bersama untuk kelancaran acara.  

Rapat yang dipimpin oleh Surya Hadi Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara dengan diawali dengan memberikan sambutan dan pengarahan.  Dalam arahannya, Surya Hadi mengajak para peserta rapat untuk mengingat kembali makna reformasi birokrasi sebagai latar belakang penandatanganan kontrak kinerja, yang menjadi dasar dari upaya pencapaian target IKU. Ada dua kata kunci target reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan: penyempurnaan proses bisnis dan peningkatan kualitas SDM.

Surya Hadi menjabarkan prinsip penyusunan kontrak kinerja dalam mencapai target IKU yang disingkat menjadi SMART-C, yaitu Spesifik (mampu menyatakan sesuatu secara definitive), Measurable (dapat diukur dengan jelas), Agreeable (adanya kesepakatan bersifat top-down antara atasan dengan pemilik IKU), Realistic (ukuran dapat dicapai dan memiliki target yang menantang), Time border (target memiliki batas waktu), dan Continuously improved (kualitas senantiasa disempurnakan).

                Pengarahan dilanjutkan dengan diskusi terkait pendistribusian target nominal IKU cascading peta di lingkungan Kanwil DJKN Kaltimtara tahun 2019, yang meliputi target nilai manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara, kekayaan negara yang diutilisasi, indeks kepuasan pengguna layanan, ketepatan waktu penyampaian laporan wasdal pengelolaan BMN, jumlah bidang tanah BMN yang disertifikatkan, hasil pengurusan piutang negara, dan hasil lelang. Rincian target  tersebut didistribusikan sesuai dengan potensi masing-masing wilayah, sehingga diharapkan kekayaan negara yang ada di tiap daerah dapat dikelola secara efektif dan menghasilkan penerimaan negara yang optimal. (Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Juanda No. 6, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur 75124
(0541) 4113344
(0541) 4113779
kanwildjkn13@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini