Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Triwulan I, PNDS Kanwil DJKN Kaltimtara Capai 320%
Tonny Ardhianto
Jum'at, 07 April 2017   |   145 kali

”Luar Biasa” adalah ungkapan yang tepat atas pencapaian kinerja pengurusan piutang negara khususnya Piutang Negara yang Dapat Diselesaikan (PNDS) pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara), dimana pada Triwulan I 2017 telah menembus angka  320 % dari target yang ditetapkan oleh Kantor Pusat DJKN.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari bimbingan langsung Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-lain (PNKNL), Purnama T. Sianturi dan jajarannya, untuk kali pertama di sela-sela kesibukannya menyempatkan berkunjung ke Kanwil DJKN Kaltimtara dalam rangka sosialisasi PMK Nomor 240/PMK.06/2016 tentang Pengurusan Piutang Negara.

Kunjungan Purnama T. Sianturi tersebut memberikan semangat yang luar biasa bagi Kanwil DJKN Kaltimtara dan jajarannya serta disambut positif oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Surya Hadi. Surya Hadi beserta jajarannya dengan gerak cepat melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada Instansi Pemerintah Pusat/Daerah yang berpotensi memiliki piutang negara/daerah macet untuk  diserahkan pengurusannya ke Panitia Urusan Piutang Negara/Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (PUPN/KPKNL).

Koordinasi dan Sosialisasi tersebut antara lain dengan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan meliputi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Balai Monitoring Frekuensi Radio Samarinda serta yang tidak kalah pentingnya adalah koordinasi dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPB) Provinsi Kalimantan Timur terkait data piutang retribusi di wilayah kerja Kanwil DJPB yang disampaikan oleh masing-masing pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai data awal potensi piutang macet retribusi daerah.  "Koordinasi dengan satker Kementerian/Lembaga maupun dengan pemerintah daerah telah membuahkan hasil yang sangat menggembirakan", ujar Surya Hadi, sosok yang gemar olah raga joging tersebut.

Kendati telah melampaui target yang telah ditetapkan, Surya Hadi selalu memberikan motivasi dan pembinaan kepada KPKNL dalam berbagai kesempatan untuk terus meningkatkan pengurusan piutang negara dan berharap adanya addendum target pengurusan piutang negara sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) serta  lebih menunjukkan peran DJKN sebagai Revenue Centre.(teks/foto :Risyoto)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini