Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Jangan Lupa Lakukan Financial Check-Up Demi Keuangan yang Sehat
Mahdi
Kamis, 25 Mei 2023   |   2389 kali

Layaknya tubuh, keuangan membutuhkan pemeriksaan rutin yang disebut financial check-up. Setelah mengelola keuangan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah evaluasi keuangan yang sehat. Walaupun mempunyai siklus keuangan ideal serta disiplin dalam pengaturan tabungan, sebaiknya tetap rutin melakukan ini untuk mencapai financial freedom dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

Secara ringkas kesehatan finansial adalah kondisi di mana jumlah aset lebih banyak daripada utang. Nah, untuk itu perlu dilakukan financial check-up agar kebugaran uang terjaga. Lalu, apa yang dimaksud financial check-up? Bagaimana manfaat melakukan financial check-up dalam kegiatan yang berkaitan dengan keuangan?

Financial check-up adalah upaya pemeriksaaan atau pengecekan kondisi keuangan untuk jangka waktu tertentu. Biasanya, upaya pengecekan ini ditujukan untuk mengulas kondisi keuangan dalam kurun waktu 12 bulan terakhir dan melihat apakah masih berada di jalur yang tepat dalam pengelolaan keuangan. Ada beberapa hal yang perlu dicek ketika melakukan pemeriksaaan keuangan, yakni seperti pemasukan dan pengeluaran rutin, utang, harta, aset dan investasi, rasio aset lancar, hingga rasio menabung. Perlu dipastikan juga bahwa dana darurat yang dimiliki masih aman. Financial check-up dapat dilakukan secara sendiri maupun dengan pasangan.

Manfaat Financial Check-Up

Sejatinya, financial check-up adalah kegiatan untuk memantau kesehatan finansial seseorang secara berkala. Memeriksa financial check-up secara berkala bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan sehat atau dalam kondisi yang perlu evaluasi dan perencanaan keuangan yang baik.

Berikut merupakan manfaat financial check-up diantaranya:

·         Mengetahui kondisi keuangan secara pasti

·         Mengontrol pengeluaran

·         Menyiapkan tabungan masa depan

·         Membantu pengambilan keputusan keuangan yang tepat

Cara Melakukan Financial Check-Up

a)       Tentukan tujuan keuangan

Untuk memulai financial check-up, Anda dapat menentukan tujuan keuangan terlebih dahulu. Dengan demikian, terdapat kepastian dengan titik akhir yang ingin diraih dalam jangka panjang maupun pendek.

b)      Cek semua pemasukan dan pengeluaran

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat semua sumber pemasukan. Kumpulkan semua pemasukan ke dalam satu catatan, termasuk pemasukan rutin dan tidak rutin. Kumpulkan pula semua pengeluaran, baik yang rutin maupun tidak rutin, dan satukan ke dalam satu catatan pula. Rincikan semua pengeluaran, termasuk pengeluaran untuk tempat tinggal, makan, internet, sekolah, dan sebagainya. Anda juga bisa menandai pos-pos pengeluaran yang paling besar, untuk nantinya dievaluasi dan disesuaikan.

c)       Cek jumlah utang dan tanggungan

Dari total pengeluaran, ketahui berapa besar jumlah utang atau tanggungan yang Anda miliki. Jika Anda masih memiliki utang, cek secara berkala kemajuan dalam pembayaran utang tersebut. Pastikan utang tersebut menjadi prioritas utama yang dibayar agar tidak terus membengkak, terutama utang yang disertai dengan bunga.

d)      Cek aset dan investasi yang dimiliki

Sebaikan dilakukan evaluasi atas aset yang Anda milki, seperti rumah kendaraan, tanah, dan sebagainya. Apakah aset terawat dengan baik?

Begitupun dengan investasi, sebaiknya dilakukan reviu secara rutin. Apakah investasi memberikan hasil pertumbuhan atau justru mengalami kerugian?

e)      Cek penggunaan asuransi

Penggunaan asuransi dapat membantu Anda ketika dihadapkan dengan kondisi kurang menyenangkan, seperti sakit, operasi, ataupun kecelakaan. Kondisi tersebut dapat membuat rencana keuangan Anda berantakan apabila tidak menggunakan asuransi.

Asuransi memang tergolong sebagai pengeluaran, namun di sisi lain juga berfungsi sebagai investasi untuk menangani hal-hal yang tidak diinginkan tadi. Karena itu, cek apakah Anda telah mengalokasikan dana untuk asuransi. Jika belum, Anda bisa mendaftar program asuransi, namun pastikan besarannya tidak melebihi anggaran yang Anda miliki.

f)        Siapkan ketersediaan dana darurat

Dana darurat merupakan pondasi dalam mencapai kebebasan finansial. Siapkan dana darurat dengan jumlah sesuai dengan pengeluaran, kondisi, dan status Anda. Idealnya dana darurat adalah sebesar 6-12 kali pengeluaran dalam sebulan.

g)       Evaluasi dan buat anggaran

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, selanjutnya Anda bisa mengevaluasi bagaimana cash flow Anda dan apakah terdapat kenaikan net worth atau kekayaan bersih. Apabila “besar pasak daripada tiang” dan tidak ada kenaikan net worth, maka Anda perlu menyusun anggaran agar lebih sesuai. Kumpulkan semua catatan pemasukan dan pengeluaran, termasuk pengeluaran untuk utang dan asuransi. Selanjutnya, buat anggaran pengeluaran yang lebih sesuai dengan pemasukan. Jika ada pengeluaran yang dirasa terlalu besar untuk hal-hal yang kurang penting, Anda bisa menguranginya atau bahkan menghilangkannya untuk dialihkan ke kebutuhan yang lebih penting. Pastikan pula ketersediaan anggaran untuk dana darurat yang bisa sewaktu-waktu dibutuhkan.

Anda perlu melakukan financial check-up secara rutin mengingat ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, mulai dari perencanaan keuangan yang lebih baik, jadi lebih mudah untuk menabung dan memiliki investasi, bahkan Anda bisa memiliki dana darurat yang besarnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, mengelola keuangan dengan baik akan membuat kehidupan Anda jadi lebih baik pula di masa depan.

 

Penulis: Sri Handayani – Pelaksana Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi

 

Daftar Pustaka

accurate.id. 24 Agustus 2022. Manfaat Financial Check Up dan Cara Melakukannya. Diakses pada 24 Mei 2023, dari https://accurate.id/ekonomi-keuangan/financial-check-up/

blog.amartha.com. 17 Juni 2022. 5 Cara Lakukan Financial Check Up Demi Kesehatan Keuanganmu. Diakses pada 24 Mei 2023, dari https://blog.amartha.com/5-cara-lakukan-financial-check-up-demi-kesehatan-keuanganmu/

landx.id. 19 September 2022. Kesehatan Keuangan: Apa yang Dimaksud Financial Checkup dan Manfaatnya. Diakses pada 24 Mei 2023, dari https://landx.id/blog/kesehatan-keuangan-apa-yang-dimaksud-financial-checkup-dan-manfaatnya/

qubisa.com. 04 Desember 2020. Beberapa Evaluasi Dalam Melakukan Financial Health Checkup. Diakses pada 24 Mei 2023, dari https://www.qubisa.com/microlearning/beberapa-evaluasi-dalam-melakukan-financial-health-checkup

qubisa.com. 21 Agustus 2022. Financial Check-up: Manfaat dan Cara Melakukannya. Diakses pada 24 Mei 2023, dari https://www.qubisa.com/article/financial-check-up

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini