Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
RAKORDA "BEKANTAN: Bersama Meningkatkan Pengelolaan Kekayaan Negara serta Penguatan Sinergi Transformasi Kelembagaan"
Relita Mega Asia
Rabu, 16 Februari 2022   |   164 kali

                    Banjarbaru- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di lingkup Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah pada 16-17 Februari 2022 dengan mengusung tema “BEKANTAN” Bersama Meningkatkan Pengelolaan Kekayaan Negara serta Penguatan Sinergi Transformasi Kelembagaan.

Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan video conference dengan Aplikasi Zoom yang dihadiri oleh seluruh Pegawai Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah maupun Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Wilayah Kerja Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah.

 

Sebelum memulai rangkaian Kegiatan Rakorda, terlebih dahulu disampaikan laporan pelaksanaan Rakorda oleh Ketua Panitia Rakorda Tahun 2022 Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Panca Irvan Sujianto. Dalam laporannya, Irvan berharap Kegiatan Rakorda ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan outcome yang tepat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi.

Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Ferdinan Lengkong membuka secara resmi Pelaksanaan Kegiatan Rakorda Tahun 2022 dengan harapan Kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan wawasan kepada seluruh Pegawai di Lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah untuk meningkatkan pelaksanaan Tugas dan Fungsi Organisasi.

“Dalam sharing session hari ini, saya menghimbau kepada para pegawai untuk dapat mengeksplore pertanyaan ataupun usulan/masukan dan ide guna peningkatan kinerja dan terus berpartisipasi aktif dalam setiap sesi diskusinya” ujarnya saat memberikan sambutan pembukaan Rakorda Tahun 2022.

Kegiatan Rakorda ini diselenggarakan selama 2 hari, dimana pada hari pertama akan ada sharing session dari Sekretariat Kantor Pusat DJKN dhi Bagian Keuangan dan OKI dilanjutkan dari Inspektorat Jenderal dhi Inspektorat Bidang Investigasi (IBI). Adapun hari kedua pelaksanaan Rakorda dengan Agenda Monitoring dan Evaluasi Kinerja Tahun 2021 dan Strategi Pencapaian Target Kinerja Tahun 2022.

Sharing session pada hari pertama membahas terkait Kerangka Kerja Integritas dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dengan pemateri Prayitno Edy Supeno dan Widya Pranayoga. Pada kesempatan ini Prayitno menyampaikan pentingnya Kerangka Integritas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Sebagaimana diketahui Kerangka Integritas merupakan sebuah Kerangka (framework) yang sistematis dan komprehensif dalam rangka meningkatkan Integritas serta sebagai early warning system untuk mencegah Korupsi. Terwujudnya sebuah Organisasi yang bebas dan bersih dari Korupsi tidak terlepas dari peran penting Lini Pertama Model Three Lines of Defence dalam suatu organisasi, hal inilah yang menadasari pentingnya Kerangka Integritas sebagai pedoman atau acuan bagi pimpinan dan pegawai untuk dapat memetakan dengan jelas peran penting setiap pegawai/pejabat dalam membangun dan menegakan budaya Integritas. Berpindah dari materi Kerangka Kerja Integritas, pada kesempatan ini Widya Pranayoga menyampaikan pemahaman yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, yaitu peran Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

“Dalam KMK 940/KMK.09/2017 terdapat unsur dan sub unsur SPIP yang menekankan bahwa SPIP tidak semata hanya tanggung jawab dari Manajemen saja, namun merupakan tanggung jawab pimpinan dan seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan” ucap Yoga

Selain Materi Penguatan Integritas oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, dilanjutkan dengan sharing session materi Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Manajemen Karier oleh Cuti Asih dan Kiki Nurman Setiawan. Pada kesempatan ini, Bagian Kepegawaian membawakan Materi yang masih berkaitan dengan Budaya Integritas untuk menguatkan peran Sumber Daya Manusia dalam suatu Organisasi. Disiplin Pegawai Negeri Sipil tertera dalam PP Nomor 94 Tahun 2011 yang kemudian pedoman pelaksanaanya tercantum dalam KMK 05/KMK.01/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan PP Nomor 94 Tahun 2011 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan.  Berdasarkan Data Kedisiplinan Pegawai di lingkungan DJKN, terlihat jelas bahwa Pelanggaran Disiplin yang paling banyak terjadi adalah Pelanggaran Disiplin yang berkaitan dengan jam kerja, hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi pejabat penilai agar pelaksana Unit Kerja lebih aware tentang Kedisiplinan Pegawai. Dalam rangka mengurangi kasus pelanggaran Disiplin Pegawai, suatu organisasi diharapkan mampu melakukan mitigasi sebagai langkah awal pencegahan Pelanggaran Disiplin. Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan peningkatan proses Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan serta penguatan atas Implementasi Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai.

“pelanggaran jam kerja dapat dikurangi dengan meningkatkan employee management dalam hal ini Faktor leadership dipercaya menjadi salah satu faktor kunci untuk menumbuhkan pegawai yang memiliki komitmen terhadap organisasi dan pekerjaan mereka” tambah Cuti Asih, sekaligus merupakan materi terakhir menutup Kegiatan Rakorda Hari Pertama.

Hari kedua Kegiatan Rakorda tidak menyurutkan semangat dan antusiasme pejabat/pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, yang mana Agenda utamanya adalah Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2021 dan Strategi Pencapaian Target Kinerja Tahun 2022. Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Moderator dari Bidang Lelang, Aziza Yuniarti yang diawali dengan pemaparan Capaian Kinerja Tahun 2021 diikuti dengan diskusi terkait permasalahan-permasalahan yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan kinerja. Pemaparan ini dilakukan secara bergantian dari Bagian Umum hingga Bidang KIHI, diikuti dengan tanya jawab yang dipandu oleh Moderator.

Bidang KIHI selaku manajer kinerja organisasi, menyampaikan bahwa untuk Realisasi Capaian Kinerja Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah s.d bulan Januari 2022 sudah mencapai 1,7 miliar rupiah dari target sekitar 21 miliar rupiah. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi seluruh Unit di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah untuk dapat bersikap proaktif dalam merumuskan strategi yang tepat dan optimal dalam rangka pencapaian target kinerja Tahun 2022.

Kegiatan Rakorda diakhiri dengan pembagiaan Nominasi Penghargaan atas Realisasi Capaian Kinerja Tahun 2021 kepada Kantor Pelayanan di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah dalam rangka memberikan Apresiasi dan Semangat atas Sinergi yang baik dalam Pencapaian Kinerja selama periode Tahun 2021. Adapun terdapat 9 Nominasi yang dianggap perlu untuk diberikan apresiasasi, antara lain sebagai berikut:

  1. Unit Kerja sebagai PKPA Terbaik : KPKNL Banjarmasin
  2. Presentasi Realisasi Capaian tertinggi Tindak Lanjut Persetujuan : KPKNL Pangkalan Bun
  3. Presentasi Realisasi Capaian tertinggi Penerimaan Negara Bukan Pajak : KPKNL Banjarmasin
  4. Presentasi Realisasi Capaian tertinggi Sertipikasi BMN : KPKNL Palangkaraya
  5. Capaian sebagai Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah dengan Hasil Verifikasi Kompetensi Penilai Terbaik : Hafidh Bahtiar
  6. Capaian Kinerja Terbaik di Bidang Penilaian : KPKNL Pangkalan Bun
  7. Pengelola Data Piutang Negara Terbaik : KPKNL Palangkaraya
  8. Capaian sebagai Pejabat Lelang Kelas I Berkinerja Terbaik : M.Rosyadi Akbar
  9. Pengelola Kinerja Terbaik : KPKNL Pangkalan Bun
  10. Pengelola Media Sosial Terbaik : KPKNL Pangkalan Bun

 Sebagai penutup, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Ferdinan Lengkong menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme seluruh pegawai dalam mengikuti kegiatan Rakorda ini, “tentunya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran yang berpartisipasi dalam pelaksanaan Rakorda ini mulai dari awal hingga akhir, harapan saya Sinergi dan Kolaborasi yang sudah terjalin selama ini dapat terus terjaga serta mampu menyusun strategi-strategi yang optimal dalam rangka pencapaian target Tahun 2022” tambahnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini