Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi/Internalisasi adalah Kunci Menambah Pengetahuan
N/a
Selasa, 14 Juni 2016   |   737 kali

Banjarbaru - “Sosialisasi dan internalisasi sangat penting, mengingat kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk membedah peraturan dan/atau ketentuan yang berlaku, agar wawasan dan pengetahuan kita meningkat,” kata Kresno Mulyono, Kepala Bidang Penilaian Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kalselteng), saat membuka acara Sosialisasi Aplikasi Pelita dan Internalisasi Keputusan Direktur Jenderal kekayaan Negara (Kepdirjen) tentang Standar Laporan Penilaian, pada Kamis 2 Juni 2016. Ia berharap para penilai dan non penilai Kanwil DJKN Kalselteng menyiapkan diri menghadapi tantangan dalam pelaksanaan penilaian yang makin beragam. Sarananya dapat melalui diskusi, knowledge sharing, focus group discussion (FGD), maupun internalisasi peraturan. 

Dimulai dengan sosialisasi aplikasi Pelita yang disampaikan oleh Heldi Muslih, Kepala Seksi Penilaian II. Ia menjelaskan bagaimana cara mendaftar dan penginputan data yang sudah di-approval oleh admin aplikasi tersebut. Baru aplikasi tersebut dapat dijalankan untuk melakukan latihan-latihan soal yang disediakan setiap hari, serta dapat mengikuti ujian yang telah ditentukan oleh pihak Kanwil Papua, sebagai pemilik aplikasi tersebut. Informsai lebih lanjut akan diberitahukan via email/pesan singkat/whatsapp kepada masing-masing peserta.

Berikutnya Heldi menyampaikan materi tentang Standar Laporan Penilaian. Heldi menjelaskan format dan bentuk standar laporan penilaian, pedoman penyusunan laporan penilaian sampai dengan penatausahaan laporan penilaian, serta penyimpanan basis data pada aplikasi Sistem Informasi Penilaian (SIP). Tim Penilai wajib menyajikan dan memaparkan konsep laporan penilaian yang telah dilaksanakan di hadapan komite penilai. Ini bertujuan agar laporan penilaian yang disusun dapat dipertanggungjawabkan baik kepada pemberi tugas dan pemohon penilaian.

Acara yang dikemas dengan konsep diskusi di mana para peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung setelah diadakan pemaparan, dan langsung ditanggapi oleh narasumber.

“Besar harapan saya Sosialisasi ini dapat menambah wawasan dan ilmu  di bidang penilaian” ujar Heldi mengakhiri paparannya. (penulis/foto : Heldi Muslih/Hidayat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini