Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalkan Pemasaran Produk UMKM melalui Lelang.go.id
Ellynda Kusuma Anggraeni
Senin, 27 Juni 2022   |   134 kali


Seiring dengan perkembangan zaman, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) beradaptasi dari lelang konvensional menjadi lelang online melalui portal lelang.go.id. Kegiatan lelang ini sejalan dengan Visi DJKN yaitu menjadi pengelola Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Munculnya virus COVID-19 di Indonesia melumpuhkan berbagai sektor, salah satu contohnya yaitu sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). DJKN menginisiasi melalui portal lelang.go.id dengan menghadirkan Lelang Produk UMKM dengan tujuan mengeksplorasi produk UMKM dan mendorong ide-ide kreatif, inovatif, serta solutif yang dapat langsung diimplementasikan guna mewujudkan lelang sebagai instrumen jual beli bagi masyarakat.

Lelang merupakan penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan yang semakin meningkat dan menurun untuk mencapai harga tertinggi, yang didahului dengan Pengumuman Lelang. Lelang terbagi menjadi tiga jenis yaitu Lelang Eksekusi, Lelang Non Eksekusi Wajib, dan Lelang Non Eksekusi Sukarela (menurut PMK Nomor 213 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang).

Lelang Produk UMKM ini merupakan jenis Lelang Non Eksekusi Sukarela yang dapat diikuti dengan mudah oleh penjual dan pembeli. Dalam pelaksanaan lelang ini terdapat beberapa kemudahan/fleksibelitas yang diberikan oleh DJKN diantaranya, extended auction, lelang tanpa uang jaminan, serta adanya fitur khusus produk UMKM pada lelang.go.id.

Sebagai wujud nyatanya DJKN juga telah menggelar kembali Kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM (KEDAI Lelang UMKM) yang dilaksanakan sekaligus bagian dari rangkaian peringatan Hari Lelang yang ke-114. Adapun data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan Lelang Sukarela Produk UMKM yaitu dengan melibatkan sebanyak 190 pelaku UMKM dari seluruh Indonesia, tak kurang dari 2.967 lot barang UMKM telah ditawarkan dan sebanyak 754 lot barang telah laku terjual. 

Melalui kegiatan tersebut, DJKN dapat terus mendukung UMKM dalam meluaskan pasarnya dengan memanfaatkan lelang.go.id dan pelaku UMKM dapat menerima manfaat dari lelang dengan memanfaatkan teknologi sebagai alternatif untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini