Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Laksanakan Kegiatan Ibadah Kurban Idul Adha 1444 H, Kanwil DJKN Kalbar Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Senin, 03 Juli 2023   |   35 kali

Pada Jumat (30/06) Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan pelaksanaan ibadah kurban Idul Adha 1444 H di basement tempat parkir kendaraan para pegawai. Penyembelihan hewan kurban berupa 1 (satu) ekor sapi sebelumnya dilakukan di dekat kandang sapi tempatnya pemilik/penjual sapi pada pagi hari sekitar pukul 06.00 . Sedangkan di basement dilanjutkan dengan kegiatan pencacahan daging, tulang, jeroan dan kulit hewan kurban sampai dengan pendistribusian paket daging hewan kurban kepada masyarakat sekitar kedudukan Kanwil DJKN Kalbar berada termasuk kepada para pegawai Kanwil DJKN Kalbar. Kesemuanya dilakukan secara gotong-royong oleh para pegawai Kanwil DJKN Kalbar dan PPNPN.  

Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini dikoordinir oleh Bintal Muslim DJKN Kalbar. Didahului dengan rapat menyongsong datangnya Hari Raya Idul Adha 1444 H lalu diputuskan untuk menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di Kanwil DJKN Kalbar. Selanjutnya membuka pendaftaran bagi para pejabat/pegawai yang ingin melaksanakan kurban pada tahun ini. Akhirnya terkumpul 7 (tujuh) orang pejabat/pegawai yang bergabung menjadi kelompok pengkurban sapi. Dilanjutkan dengan mencari hewan kurban berupa sapi yang memenuhi kriteria syar’i. Setelah mendapatkan sapi yang dikehendaki, dilanjutkan rapat-rapat persiapan penyembelihan hewan kurban. Sapi yang disembelih telah dilakukan suntik vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) agar aman dikonsumsi oleh para penerima paket daging hewan kurban. Keseruan dan keceriaan pada saat pencacahan daging kurban nampak dari raut muka para panitia kegiatan kurban membuat seolah-olah tidak nampak keletihan. Diselingi dengan senda gurau dan tawa para pegawai Kanwil DJKN Kalbar tak terasa selesai juga kegiatan pencacahan daging hewan kurban.

Pada pelaksanaan kegiatan ibadah kurban kali ini dapat tersalurkan sebanyak 106 paket daging hewan kurban. Pelaksanaan ibadah kurban Idul Adha 1444 H di Kanwil DJKN Kalbar ini merupakan bagian dari Kegiatan Ibadah Kurban Idul Adha 1444 H Kemenkeu Satu Kalbar yang dilaksanakan oleh Perwakilan Kemenkeu Kalbar. Selain di Kanwil DJKN Kalbar, kegiatan penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan oleh Kanwil DJP Kalbar, Kanwil DJBC Kalbagbar dan BDK Pontianak. Semoga dengan pelaksanaan kegiatan Ibadah Kurban Idul Adha 1444 H oleh Kanwil DJKN Kalbar ini dapat semakin mengasah kepedulian umat muslim pada umumnya dan khususnya para pegawai Kanwil DJKN Kalbar pada sesama.

 

(Ditulis oleh: Arya Putra/Tim Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini