Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mengasah Kepedulian pada Sesama, Salah Satu Hikmah Idul Adha dalam Pengajian Pegawai Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat
Hilda Evimelia
Kamis, 22 Juni 2023   |   58 kali

Pada hari Rabu (21/6) telah dilaksanakan Bintalnas Muslim di Aula Kanwil DJKN Kalimantan  Barat yang dihadiri oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Barat yang beragama islam. Kegiatan bintalnas muslim tersebut diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Dr. Dodi Iskandar, S.Si, M.Pd dengan tema “Hikmah Idul Adha”.

 

Bisa dibayangkan bila ada seseorang yang melakukan sebuah perbuatan seperti bepergian jauh ke sebuah kota, namun di satu sisi dia tidak mengetahui tujuan dari perbuatannya tersebut, tentu ini adalah sebuah keanehan. Bahkan bisa jadi orang-orang akan menganggap orang tersebut adalah orang yang tidak berakal atau gila. Tidak mungkin orang yang sehat akalnya melakukan sesuatu tanpa ada maksud dan tujuan. Maka tentu lebih utama lagi bagi Allah Ta’ala sang Khaliq (pencipta segala sesuatu) yang Maha Bijaksana terhadap apa yang Dia perbuat dan apa yang Dia perintahkan. "Semuanya pasti mengandung hikmah yang besar. Termasuk Idul Adha hikmahnya sangatlah banyak", ujar penceramah agama.

 

Adapun hikmah Idul Adha antara lain : Mengajarkan Loyalitas (Pancasila dan UUD 1945), Mengajarkan Kedisiplinan Waktu (Akuntabel, Bertanggungjawab), Mengasah Kecerdasan Sosial (Berorientasi Pelayanan dan Harmonis), Mengajarkan Akuntabilitas (Sikap Jujur,  Bertanggungjawab, Profesionalisme), Membersihkan dan Memperbanyak Harta (Pelayanan Sosial, Integritas, Kesadaran Diri Untuk Berbagi), Meminimalisir Sifat Pelit (Pelayanan kepada orang lain), Mempererat Rasa Persatuan dan Kebersamaan Kaum Muslimin (Merangsang Sinergi), Mengatasi kekurangan gizi dan memperbaiki pertumbuhan jasad kaum muslimin (harmonis, suka menolong orang lain, adaptif, pelayanan) serta merangsang pertumbuhan sektor perekonomian (kompeten, membantu orang lain belajar).

 

Selanjutnya ustadz menukil hadits yang diriwayatkan oleh Hakim bin Hizam Radhiyallahu'anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  “Tangan yang di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barang siapa menjaga kehormatan dirinya maka Allah akan menjaganya dan barang siapa yang merasa cukup maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya.”  (HR. muttafaq ‘alaih. Imam al-Bukhâri (no. 1427) dan Muslim no.1053 (124).

 

Sebelum mengakhiri ceramahnya, ustadz Dodi berpesan agar kita selalu berbagi ilmu karena ilmu itu tidak pernah memuaskan sampai kita masuk ke liang lahat.

 

 

 

(Penulis : Hilda Evimelia/Bidang KIHI)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini