Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bangun Mentalitas Pegawai, Kanwil DJKN Kalimantan Barat Laksanakan Bintal Umat Kristen dan Katolik
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Senin, 19 Juni 2023   |   70 kali

Pontianak, Bartempat di kediaman salah satu pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Barat yaitu  Ervina Sri Destiawati pada Rabu (14/06) diadakan Bintal Kristen dan Katolik. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Tetik Fajar Ruwandari, Plt. Kabid KIHI yaitu Pandaraman Lumbantoruan yang sekaligus sebagai pembawa renungan firman serta pegawai Kanwil DJKN dan KPKNL Pontianak.

            Acara diawali dengan menyanyikan lagu pujian, dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh MC yaitu Togi Hotma Lina Sinaga. Selanjutnya sesi kedua yaitu penyampaian Firman Tuhan oleh Plt. Kabid KIHI.  Firman Tuhan yang disampaikan tertulis di dalam Alkitab 1 Korintus 11:1 yang bertemakan “Follow my example” Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus. Adapun teladan Rasul Paulus yang dapat diterapkan dalam kehidupan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan beberapa cara berikut :

a.    Integritas dan Kehormatan: Paulus menekankan pentingnya hidup yang jujur dan bertanggung jawab dalam setiap aspek kehidupan. Sebagai PNS, mengedepankan integritas dan kehormatan adalah hal yang penting. Menjalankan tugas dengan jujur, tidak terlibat dalam korupsi atau praktik-praktik yang tidak etis, serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi adalah bagian dari menerapkan teladan Paulus dalam kehidupan sebagai PNS

Contoh:Ayat Alkitab: "Tetapi biarlah kata-katamu ya ya dan tidak tidak, yang lebih dari itu berasal dari yang jahat." (Matius 5:37)

b.    Pelayanan yang Profesional: Paulus adalah seorang pelayan yang berdedikasi dan mendedikasikan hidupnya untuk melayani orang lain. Sebagai PNS, memiliki sikap pelayanan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik adalah penting. Memberikan pelayanan yang baik, efisien, dan ramah kepada masyarakat, serta menjalankan tugas dengan kompetensi dan profesionalisme, adalah cara menerapkan teladan Paulus dalam kehidupan sebagai PNS.

Ayat Alkitab: "Siapakah yang paling besar di antara kamu? Biarlah ia menjadi pelayanmu." (Matius 23:11)

c.    Keadilan dan Kesetaraan: Paulus menekankan pentingnya keadilan dan kesetaraan di dalam gereja dan masyarakat. Sebagai PNS, memegang prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan dalam menjalankan tugas adalah penting. Menjalankan tugas dengan objektivitas, menghindari diskriminasi, dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang adil kepada semua warga negara adalah bagian dari menerapkan teladan Paulus dalam kehidupan sebagai PNS.

Ayat Alkitab: " Janganlah kamu berbuat curang dalam peradilan; janganlah engkau membela orang kecil dengan tidak sewajarnya dan janganlah engkau terpengaruh oleh orang-orang besar, tetapi engkau harus mengadili orang sesamamu dengan kebenaran." (Imamat 19:15)

d.    Kolaborasi dan Kerjasama: Paulus sering kali bekerja dalam tim dengan rekan-rekannya untuk menyebarkan ajaran Kristen. Sebagai PNS, kolaborasi dan kerjasama dengan sesama pegawai dan instansi pemerintah lainnya adalah penting. Mengedepankan kerja tim, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama adalah cara menerapkan teladan Paulus dalam kehidupan sebagai PNS.

Ayat Alkitab: "Sebab sama seperti tubuh itu satu dan mempunyai banyak anggota dan segala anggota tubuh yang banyak itu adalah satu tubuh, demikian juga Kristus." (1 Korintus 12:12)

e.    Komunikasi yang Efektif: Paulus adalah seorang pengkhotbah yang mahir dalam berkomunikasi dengan berbagai kelompok orang. Sebagai PNS, memiliki keterampilan komunikasi yang baik sangat penting. Mampu menyampaikan informasi dengan jelas, mendengarkan dengan baik, dan berkomunikasi dengan empati kepada masyarakat dan rekan kerja adalah bagian dari menerapkan teladan Paulus dalam kehidupan sebagai PNS.

Ayat Alkitab: "Sebab sama seperti tubuh itu satu dan mempunyai banyak anggota dan segala anggota tubuh yang banyak itu adalah satu tubuh, demikian juga Kristus." (1 Korintus 12:12).

Setelah khotbah selesai ditutup dengan doa oleh  Plt. Kabid KIHI dan menyanyikan lagu pujian.  Puncak seluruh acara Bintal Kristen dan Katolik ditutup kembali dengan doa penutup yang dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Tetik Fajar Ruwandari.

Untuk mengakhiri kegiatan Bintal, Tetik Fajar Ruwandari mengucapkan Puji Syukur Kepada Tuhan untuk kesempatan hari ini yang telah terlaksananya kegiatan Bintal bulan Juni dan mengucapkan terimakasi atas kehadiran para pegawai serta mengucapkan terimakasih juga kepada Ibu Ervina dan keluarga yang sudah bersedia menyediakan waktu dan tempat. “Kiranya Tuhan selalu memberkati kita semua”, pungkasnya.

 

(Ditulis oleh: Togi Hotma Lina Sinaga/Tim Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini